Beranda » Tujuan Pertanian Berkelanjutan Yang Wajib Diketahui

Tujuan Pertanian Berkelanjutan Yang Wajib Diketahui

Peningkatan kebutuhan pangan sebagai dampak pertumbuhan populasi manusia memunculkan metode pertanian modern yang tidak ramah lingkungan. Metode tersebut muncul pada kisaran tahun 60an dengan berkembangnya industri pupuk dan obat-obatan kimia. Dalam beberapa tahun berikutnya dunia memang mampu berswasembada pangan. Namun kemudian masalah baru bermunculan seiring dengan penggunaan bahan kimia yang mencemari lingkungan dan manusia. Hal tersebut menunjukan bahwa metode ini bertolak belakang dengan tujuan pertanian berkelanjutan.

Pada beberapa dekade terakhir, manusia mulai berfikir mengenai dampak tersebut bagi kelangsungan hidup manusia. Kampanye untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan disuarakan di berbagai belahan dunia. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi tujuan pertanian berkelanjutan itu? Simak ulasan berikut ini!

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan

Dalam beberapa tahun terakhir, penerapan metode pertanian modern telah menyebabkan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan. Kondisi tersebut sangat mengancam keberlanjutan sistem produksi pertanian.

Penerapan pola pertanian berkelanjutan merupakan jawaban dari persoalan itu. Sebab pola pertanian ini mengandalkan penggunaan bahan alami yang tidak mencemari alam dan lingkungan. Sehingga kondisi alam dan lingkungan akan seimbang.

Untuk meningkatkan mutu hasil pertanian yang sehat dan aman

Pengendalian hama dengan obat-obatan kimia yang selama ini terjadi, telah menyebabkan munculnya bibit penyakit baru. Pestisida yang diaplikasikan untuk tanaman telah menyisakan zat-zat berbahaya yang ikut dikonsumsi manusia. Di dalam tubuh manusia, zat-zat tersebut kemudian menjadi sumber penyakit yang kini terjadi.

Dengan merubah pola pengendalian hama menggunakan bahan-bahan alami maka akan menekan resiko tersebut. Sehingga hasil pertanian pun akan lebih aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Selain itu bahan alami akan mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan.

Agar hasil produksi pertanian stabil dan optimal

Kerusakan lahan yang terjadi telah menurunkan hasil produksi pertanian yang menurun dari tahun ke tahun. Hal ini diakibatkan oleh terus berkurangnya unsur hara dan hilangnya zat yang penting untuk tanaman. Hal ini secara ekonomi sangat merugikan bagi petani.Agar hasil pertanian stabil dari tahun ke tahun, maka mutu lahan harus tetap terjaga.

Untuk menjaga kestabilan kualitas sumberdaya pertanian

Manusia akan terus bergantung pada sumberdaya pertanian. Penerapan pertanian berkelanjutan akan menjaga kesuburan tanah, baik secara kimiawi, fisik maupun biologis. Dengan kondisi ini maka lahan akan tetap produktif untuk penggunaan jangka panjang.

Agar keragaman hayati tetap terjaga dan lestari

Keseimbangan ekologis mutlak harus terjaga. Keragaman hayati antar spesies dan genetik harus terjamin kelestariannya. Hal ini untuk menyangga dinamika perubahan lingkungan abiotik maupun biotik. Keseimbangan ekologis antara musuh alami dengan berbagai jenis OPT harus terjaga.

Itulah pokok-pokok yang menjadi tujuan pertanian berkelanjutan yang harus kita ketahui. Dengan melakukan metode ini, kita tentunya tidak hanya memikirkan kehidupan kita saat ini. Namun, kehidupan generasi yang akan datang senantiasa juga terjaga dengan baik.

Baca juga :Pupuk Dolomit: Manfaatnya Untuk Tanah Dan Tanaman

Tinggalkan Balasan