Beranda » Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Cepat Besar Dan Sehat

Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Cepat Besar Dan Sehat

ternak bebek pedaging

Ternak bebek pedaging sepertinya merupakan hal yang sulit untuk Anda lakukan. Namun, jika anda memahami tekniknya, ternak unggas yang satu ini tidaklah terlalu sulit. Teknik untuk menggemukkan bebek secara tepat tentunya bisa membawa keuntungan dan kesejahteraan tersendiri bagi peternak bebek. Cara yang tepat untuk mempercepat proses pertumbuhan pada budidaya bebek pedaging adalah dengan cara organik. Berikut ini tips-tips yang perlu Anda lakukan agar ternak bebek pedaging berhasil Anda lakukan.

1. Pemilihan bibit bebek pedaging yang tepat

Pemilihan bibit unggas yang tepat sangat berperan penting untuk mendapatkan keuntungan dari budidaya bebek pedaging. Sebaiknya Anda memilih bibit untuk bebek yang jantan. Itu karena kecepatan pertumbuhan pada bebek jantan terbilang lebih unggul daripada bebek betina. Selain itu, harganya juga tergolong lebih murah. Itik atau bebek peking, yang berasal dari China, termasuk unggas pedaging yang unggul dan bisa Anda pilih untuk Anda budidayakan karena mempunyai pertumbuhan paling cepat dan ideal untuk peternakan intensif.

Baca Juga : Cara Ternak Entok Paling Mudah Dan Cepat Untung

2. Pemberian bebek pedaging yang seimbang

Cara ternak bebek pedaging berikutnya adalah dengan memberikan kecukupan pakan dengan gizi berkualitas. Hal ini bisa mempercepat proses pertumbuhan bebek menjadi lebih bongsor, sehat, dan tahan terhadap penyakit. Pemberian pakan dapat dengan cara membuat sendiri pakannya, seperti dedak atau bekatul, tepung ikan, tepung jagung, tepung bulu unggas. Kemudian beri tambahan daun pepaya, batang pisang, dan aneka macam sayur-sayuran.

Baca Juga : Cara Ternak Kalkun Pemula Agar Hasil Maksimal

3. Perawatan dan pemeliharaan bebek pedaging

Hal yang tak kalah pentingnya dalam cara ternak bebek pedaging, yaitu proses pemeliharaan dan perawatan bebek pedaging. Sebenarnya tantangan yang paling besarnya adalah adanya penyakit dan hama. Umumnya, bebek pedaging menderita penyakit Salmonelosis dan Duck Cholera. Ciri-cirinya adalah mencret-mencret dan sesak nafas. Anda dapat mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan dan sanitasi kandang. Jangan lupa berikan vaksinasi berdasarkan dosis yang sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga : Budidaya Ayam Potong? Begini tipsnya Untuk Pemula

4. Pemilihan kandang bebek yang baik

Pembuatan dan pemilihan kandang bebek harus dengan baik dan tepat, selain itu juga menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Pada kandang jenis bebek pedaging sendiri sebaiknya memakai kandang panggung menghadap matahari terbit. Itu karena jenis kandang ini lebih baik demi menjaga kesehatan dan kebersihan dari bebek pedaging.

Baca Juga : 6 Jenis Ras Ayam Lokal Yang Ada Di Indonesia

Jika bebek pedaging Anda sudah layak jual dan layak konsumsi, hal ini tentunya akan baik sehingga menjadi lahan bisnis yang begitu menguntungkan. Anda dapat menjual bebek pedaging secara langsung atau dalam keadaan hidup. Atau Anda juga bisa mengambil keuntungan lainnya untuk menjualnya sebagai makanan dengan cara membuka restoran. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan semoga berhasil.

Sumber Gambar : agriexpo.online

Tinggalkan Balasan