Beranda » Petani Australia Gunakan Kambing Untuk Atasi Gulma

Petani Australia Gunakan Kambing Untuk Atasi Gulma

petani australia

Kambing tentu saja bukan hewan yang asing bagi kita. Mungkin saja anda juga memeliharanya, entah hanya sekadar ingin memanfaatkan pupuknya, atau memang menginginkan profit keuntungan. Di negara kita, pemeliharaan kambing memang sebagian besar memilih menggunakan kandang karena keterbatasan padang rumput. Hal tersebut tentu berbeda dengan tetangga kita, Australia yang memiliki padang rumput yang luas. Mereka banyak memelihara ternak di padang rumput yang luas. Namun ada sedikit keunikan dari petani Australia soal pemanfaatan kambing tersebut. Mereka memanfaatkan kambing untuk memberantas gulma yang ada pada lahan pertanian mereka (Baca: The Guardian).

Seperti yang kita ketahui, kambing merupakan hewan yang memiliki hobi ngemil. Mereka memakan segala rerumputan sepanjang waktu. Meski di tempat kita pemeliharaan kambing berada di kandang, namun kenyataan tersebut tentu dapat kita ketahui. Para peternak tradisional jawa di desa-desa, kadang memberi makan kambing bahkan tanpa jadwal. Mereka memberi makan hampir sepanjang waktu.

Menurut berita The Guardian tersebut, peternak kambing di Australia menyewakan kambing untuk memberantas gulma. Tentu saja gulma tersebut bukan gulma yang berada di tengah-tengah tanaman komoditi sayuran dan sebagainya. Namun gulma-gulma tersebut merupakan gulma yang berada di lapangan, taman, atau tanah kosong. Mereka percaya dengan penggunaan kambing tersebut, pembersihan gulma akan lebih ramah lingkungan. Hal tersebut karena pembersihan menggunakan alat pemotong rumput, suaranya akan mengganggu lingkungan. Sedangkan jika menggunakan herbisida, lahan mereka akan tercemari.

Ide petani Australia tersebut muncul setelah pandemi covid 19

Pandemi covid 19 yang melanda berbagai belahan dunia dua tahun ini sepertinya yang telah membuka teknik unik tersebut. Warga Australia yang kemudian harus bekerja dari rumah, kemudian melihat pertanian cocok sebagai hobi baru mereka. Mereka membeli tanah atau ingin memanfaatkan lahan tanah yang mereka miliki untuk hobi bercocok tanam. Namun rupanya gulma menjadi persoalan awal yang mereka temukan. Kemudian penggunaan kambing-kambing tersebut menjadi solusi yang tepat bagi mereka. Penggunaan kambing yang disewa dari petani Australia memiliki berbagai manfaat yang lebih baik daripada menggunakan cara lain. Bahkan limbah kotoran kambing tersebut akan bermanfaat untuk tanah-tanah mereka.

Baca juga: 6 Jenis Ras Ayam Lokal Yang Ada Di Indonesia

Tinggalkan Balasan