Beranda » Pengertian Dan Fungsi Cairan EM4 Untuk Kompos

Pengertian Dan Fungsi Cairan EM4 Untuk Kompos

cairan em4 untuk kompos

Saya rasa Anda tidak asing lagi dengan istilah EM4 atau Effective Microorganism 4 ini. Dalam dunia pertanian maupun peternakan, para petani banyak menggunakannya, mungkin juga termasuk Anda. Para petani biasa menggunakan cairan EM4 untuk  kompos yang mereka buat.

Teknologi EM4 pertama kali ditemukan oleh seorang Profesor asal Jepang yang bernama Prof.Dr Teruo Higa dari Universits Ryukyus, Okinawa,Jepang. Teknologi ini kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

EM4 sebenarnya merupakan sebuah produk/merek dagang untuk bakteri pengurai yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Jika Anda hanya mengenal cairan EM4 untuk kompos, maka sebenarnya itu kurang lengkap. EM4 dapat Anda gunakan bahkan menjadi bahan pengurai dalam pembuatan pakan ternak fermentasi.

Pengertian cairan EM4 (Effective Microorganism 4)

Effective Microorganism 4 (EM4) adalah kultur campuran dari mikroorganisme (bakteri) pengurai yang menguntungkan yang berasal dari alam Indonesia. Salah satu kemampuan cairan EM4 adalah dapat membantu proses pembusukan. Selain itu, penggunaan EM4 bermanfaat bagi kesuburan tanah, pertumbuhan dan produksi tanaman, serta produk ramah lingkungan.(Situs Resmi)

EM4 merupakan bahan yang sering menjadi bahan tambah sebagai pengurai untuk fermentasi pakan ternak maupun pengomposan. Penggunaan produk EM4 ini menjadikan proses-proses tersebut lebih cepat daripada proses secara alamiah. Dalam cairan EM4 terdapat lebih dari 80 genus bakteri pengurai.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Bokashi Jerami Mudah Dan Murah

Kandungan Effective Microorganism 4 (EM4)

Seperti penjelasan sebelumnya, EM4 mengandung lebih dari 80 genus bakteri pengurai yang bermanfaat untuk proses pembusukan. Dalam proses pengomposan pupuk organik, bakteri tersebut menjadi inokulan untuk meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisme dalam tanah. Kemudian pupuk fermentasi tersebut dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas produksi tanaman.

Komposisi kandungan bakteri dan kandungan hara Effective Microorganism 4 tersebut antara lain:

  1. Lactobacillus
  2. Bakteri pelarut fosfat
  3. Ragi/Yeast
  4. Actinomycetes
  5. Bakteri fotosintetik
  6. Ca
  7. Mg
  8. Fe
  9. Ai
  10. Zn
  11. Cu
  12. Mn
  13. Na
  14. B
  15. N
  16. Ni
  17. K
  18. P
  19. Cl
  20. C
  21. PH

Baca Juga : Cara Membuat Bokashi Dari Kotoran Kambing Dengan Mudah

Sifat-sifat Effective Microorganism 4 (EM4)

EM4 adalah larutan biakan dari mikroorganisme yang hidup secara alami di dalam tanah yang subur. Mikroorganisme tersebut bermanfaat untuk peningkatan produksi tanaman maupun ternak. Sifat-sifat dari Effective Microorganism 4 adalah:

  1. EM4 merupakan suatu cairan berwarna coklat dengan bau yang sedap. Jika Anda memiliki EM4 dengan bau yang busuk, maka itu artinya mikroorganismenya telah mati.
  2. Untuk menjaga agar mikoorganisme tetap dalam kondisi baik, Anda harus menyimpannya pada tempat yang teduh dan wadah yang rapat.
  3. EM4 dapat memfermentasikan bahan-bahan organik dalam waktu yang singkat.
  4. Bakteri dalam Effective Microorganism 4 ini membutuhkan makanan termasuk bahan organik, molase, pupuk hijau, kotoran hewan, dan bekatul.
  5. EM4 dapat bekerja dengan efektif tanpa bantuan bahan kimia.

Baca Juga : 4 Bahan Pupuk Kompos Beserta Kandungan Haranya

Fungsi EM4 pada pembuatan kompos

EM4 merupakan bahan tambah untuk membantu mempercepat pengomposan. Lantas, apa saja manfaat dan fungsi cairan EM4 untuk kompos? Berikut manfaat dan fungsinya:

  1. EM4 dapat mempercepat proses pengomposan karena kandungan bakterinya yang melimpah dan beragam.
  2. Dapat memperkaya kandungan hara pada bubuk yang kemudian akan membuat tanah dan tanaman menjadi lebih subur.
  3. Hasil pupuk yang menggunakan EM4 akan mudah untuk diserap tanaman karena telah berubah menjadi senyawa organik.
  4. Lingkungan lahan pertanian Anda akan tetap terjaga karena EM4 terbuat dari bahan alami yang tidak merusak lingkungan.

Itulah sekelumit tentang EM4 yang menjadi solusi dari pembuatan pupuk kompos agar semakin berkualitas dan bermanfaat bagi tanaman. Semoga menambah wawasan bagi pembaca sekalian.

Sumber gambar cover : emindonesia.com

Tinggalkan Balasan