Beranda » Manfaat Pupuk Organik Untuk Pertanian

Manfaat Pupuk Organik Untuk Pertanian

manfaat pupuk organil

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari bahan-bahan alami baik dari tumbuhan maupun kotoran hewan yang telah terurai. Baik lahan pertanian maupun tanaman sangat membutuhkan manfaat pupuk organik ini. Sebab utamanya adalah pupuk ini memiliki kandungan hara yang lengkap. Lahan pertanian membutuhkan pupuk organik untuk menjaga tingkat kesuburannya. Sedangkan tanaman, membutuhkan pupuk organik untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembuahan.

Petani tradisional sebenarnya telah menggunakan pupuk organik sejak dahulu kala. Mereka kebanyakan menggunakan pupuk kandang atau dari kotoran binatang lainnya. Meski dalam kadar yang terbatas, manfaat pupuk organik dari pupuk kandang ini juga sangat baik. Saat ini para petani telah mengenal berbagai macam jenis pupuk organik yang lebih bervariasi.

Berbagai penelitian mengatakan bahwa penggunaan pupuk organik merupakan solusi dari persoalan dunia pertanian saat ini. Berbagai organisasi di dunia pun mengkampanyekan hal yang sama. Lantas apa saja sebenarnya manfaat dari penggunaan pupuk organik ini? Simak ulasan berikut!

1. Meningkatkan dan menjaga tingkat kesuburan tanah

Pupuk organik mengandung unsur hara lengkap yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman. Unsur hara tersebut terdiri dari unsur hara makro (N, P, K) dan mikro (Ca, Mg, Fe, Mn, Bo, S, Zn, Co) yang dapat memperbaiki komposisi tanah. Pupuk organik dalam waktu yang lama akan tetap terurai dalam tanah dan kemudian menjadi humus.

2. Memperbaiki kondisi secara fisik, kimia dan biologis tanah

Pupuk organik dapat melancarkan sistem pengikatan dan pelepasan ion dalam tanah. Kemampuan tersebut membuat pupuk organik mampu meningkatkan kesuburan tanah. Selain itu kemampuan pupuk organik dalam mengikat air dan meningkatkan porositas tanah dapat memperbaiki respirasi tanah. Dengan perbaikan tersebut akan mendukung pertumbuhan akar dalam tanah.

3. Menjaga ekosistem dan meningkatkan keragaman biologis dan hayati dalam tanah

Bahan-bahan pembentuk pupuk organik merupakan bahan yang aman untuk makhluk hidup. Dengan memberikan pupuk organik, mikroba yang berada dalam tanah tidak akan hilang. Sebaliknya mereka malah akan mendapatkan suplai makanan yang cukup. Kemudian bahan-bahan organik tersebut menjadi sumber energi untuk mikroba dalam tanah.

4. Meningkatkan efisiensi hara dalam tanah untuk memperkuat pertumbuhan tanaman

Penggunaan pupuk organik akan melepaskan unsur hara dalam tanah secara perlahan namun berkelanjutan. Dengan proses ini tanaman akan lebih teratur dalam menerima suplai unsur hara. Proses ini juga akan mencegah ledakan suplai hara yang menyebabkan tanaman keracunan.

5. Meningkatkan dan menjaga mutu hasil pertanian yang sehat dan aman

Pemberian pupuk akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan tanaman. Dengan memberikan pupuk organik yang tidak mengandung zat berbahaya, otomatis produk yang dihasilkan akan lebih aman. Saat ini produk semacam ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Itulah manfaat saat menggunakan pupuk organik dalam bidang pertanian. Dengan manfaat besar tersebut, sangat disayangkan jika enggan untuk memilihnya. Satu hal yang harus kita ingat adalah penggunaan pupuk ini juga akan menjaga kualitas pertanian di masa depan.

Baca juga: Tujuan Pertanian Berkelanjutan Yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Balasan