Beranda » Kegunaan Pupuk NPK Dan Efek Samping Bagi Tanaman

Kegunaan Pupuk NPK Dan Efek Samping Bagi Tanaman

kegunaan pupuk npk

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah pupuk NPK ini. Setiap saat pemupukan, mungkin Anda menggunakannya untuk meningkatkan produktivitas tanaman Anda. Namun, tahukah Anda kegunaan pupuk NPK ini? Dan jangan lupa, selain manfaatnya untuk tanaman, pupuk ini juga meninggalkan efek samping atau dampaknya.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang tahu kegunaan pupuk NPK ini, mungkin juga ada yang sekedar ikut-ikutan menggunakan pupuk ini. Ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam mengenai jenis pupuk ini agar dapat menggunakannya secara maksimal.

Apa itu pupuk NPK?

Pupuk NPK merupakan pupuk anorganik atau kimia yang memiliki jenis pupuk majemuk. Itu karena pupuk NPK memiliki tiga unsur hara pokok Nitrogen (N), fosfat (P), dan Kalium (K). Unsur N, P, dan K tergolong dalam unsur hara essensial . Artinya ketiga unsur hara tersebut sifatnya harus tersedia bersama dengan 10 unsur hara lainnya yang ada di alam semesta.

Pupuk NPK sendiri terdiri dari berbagai jenis tergantung jumlah kandungan yang ada di dalamnya. Di pasaran Anda mungkin mengenal beberapa merek dagang pupuk NPK. Beberapa yang cukup populer adalah pupuk NPK Phonska dan pupuk NPK Mutiara.

Pupuk NPK Phonska merupakan pupuk produksi dalam negeri oleh perusahaan BUMN PT.Pupuk Idonesia. Saat ini pupuk phonska merupakan salah satu pupuk yang mendapat subsidi dari pemerintah. Sedangkan pupuk NPK Mutiara merupakan pupuk impor yang di Indonesia di import dan didistribusikan oleh PT.Meroketetepjaya.

Apa saja kegunaan pupuk NPK?

Unsur hara N, P, dan K merupakan unsur hara essensial bagi tanaman. Ketiga unsur tersebut berperan dalam pertumbuhan tanaman mulai dari kesehatan akar, daun, maupun buah. Lebih lengkapnya berikut kegunaan pupuk NPK bagi tanaman:

a. Kegunaan unsur Nitrogen (N)

    1. Meningkatkan pertumbuhan tanaman.
    2. Menyehatkan pertumbuhan daun. Daun tanaman lebih lebar dengan warna yang lebih hijau.
    3. Meningkatkan kadar protein dalam tubuh tanaman,

b. Kegunaan unsur Fosfor (P)

    1. Mempercepat pertumbuhan akar semai.
    2. Mempercepat pertumbuhan tanaman muda menjadi tanaman dewasa.
    3. Meningkatkan produksi biji-bijian.
    4. Mempercepat pembungaan dan pemasakan buah.

c. Kegunaan unsur Kalium (K)

    1. Membantu proses fotosintesis tanaman.
    2. Menciptakan efisiensi dalam penggunaan air.
    3. Memperluas pertumbuhan akar.
    4. Memperkuat tubuh daun supaya daun, bunga, dan buah tidak mudah rontok.

Jumlah kandungan unsur hara pupuk NPK berbeda-beda setiap merek dagang. Namun jumlah kandungan tersebut biasanya tertera dengan perbandingan yang cukup jelas. Anda tinggal membaca kandungan tersebut dan memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh pupuk NPK dengan kandungan hara 16:16:16, artinya pupuk tersebut memiliki kandungan hara N, P, dan K sebesar 16%.

Efek samping penggunaan pupuk NPK

Pupuk NPK memang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Akan tetapi penggunaan pupuk ini juga memiliki efek samping, terutama bagi lahan Anda. Seperti yang kita lihat saat ini bahwa banyak lahan-lahan pertanian yang menurun produktivitasnya dari tahun ke tahun. Hal tersebut dikarenakan penumpukan residu pupuk kimia tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu sifat bahan kimia adalah bahan tersebut relatif lebih sulit terurai atau hancur dibandingkan dengan bahan organik. Akibatnya tanah menjadi keras karena penumpukan residu tersebut. Oleh karena itu tanah akan semakin sulit dalam menyerap unsur hara bagi tanaman. Maka, dari tahun ke tahun produksi tanaman akan semakin menurun.

Mungkin Anda pun menyadari kondisi tersebut. Penggunaan pupuk kimia dengan dosis yang sama, akan menghasilkan jumlah panen yang berbeda. Panen cenderung menurun yang membuat usaha Anda semakin kesulitan.

Solusi dari masalah tersebut adalah dengan metode pemupukan berimbang. Artinya penggunaan pupuk kimia, termasuk NPK, harus diimbangi dengan penggunaan pupuk organik. Dengan cara tersebut maka residu pupuk kimia akan dapat Anda tekan dan tanah akan tetap subur. Saran kami, gunakan pupuk secara bijak.

Tinggalkan Balasan