Beranda » Kaptan Dan Dolomit, Ini Perbedaan Dan Manfaatnya

Kaptan Dan Dolomit, Ini Perbedaan Dan Manfaatnya

Kaptan dan Dolomit merupakan produk pupuk yang berfungsi sebagai pembenah tanah. Dan keduanya memiliki bentuk fisik yang hampir mirip dengan berbentuk serbuk berwarna keputihan. Maka dari itu tak mengherankan jika banyak petani yang kesulitan untuk membedakannya. Lalu bagaimana cara untuk membedakan kedua produk ini? Berikut kami ulas satu persatu!

Pertama, Kaptan atau Kapur Pertanian merupakan produk yang memiliki kandungan senyawa utama Kalsium (CaCO). Produk ini memiliki fungsi sebagai pembenah tanah. Kaptan membenahi tanah dengan cara menurunkan aktivitas Alumunium dan meningkatkan pH tanah. Namun, selain untuk pembenah tanah juga memiliki sederet manfaat lain. Secara lebih rinci, manfaat kaptan kami uraikan berikut ini :

1.Pada lahan Pertanian :

  1. Untuk meningkatkan pH tanah menjadi netral dan sesuai dengan kebutuhan tanaman.
  2. Untuk meningkatkan ketersediaan unsur hara dalam tanah.
  3. Sebagai penetralisir senyawa-senyawa beracun baik organik maupun non anorganik,dan
  4. Untuk merangsang populasi & aktivitas mikroorganisme tanah

2. Untuk tanaman:

  1. Sebagai unsur untuk memacu pertumbuhan akar dan membentuk perakaran yang baik.
  2. Untuk membuat tanaman lebih hijau dan segar serta mempercepat pertumbuhan
  3. Untuk meningkatkan produksi dan mutu hasil panen.

3. Pada pertambakan :

  1. Untuk menjaga pH kolam
  2. Sebagai pemberantas hama dan penyakit
  3. Untuk mempercepat penguraian, dan
  4. Untuk meningkatkan kelebihan gas asam arang (CO).

4. Pada Ikan & Udang :

  1. Dengan kondisi air dan tanah yang baik akan mempercepat perkembangan ikan dan udang serta memudahkan reproduksi, meningkatkan produksi ikan dan udang.

Kedua, Dolomit merupakan pupuk tunggal yang mengandung senyawa Kalsium (CaO) dan Magnesium (MgO). Pupuk ini memiliki fungsi untuk menetralkan pH tanah dengan senyawa kalsiumnya. Dan kandungan Magnesium yang dimilikinya berfungsi untuk membantu menyuburkan tanah. Selain manfaat itu, dolomit juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting. Dan manfaat lain dolomit tersebut diantaranya sebagai berikut:

kaptan dan dolomit

  1. Untuk menyesuaikan nilai pH tanah dengan kebutuhan tanaman.
  2. Sebagai penetralisir kejenuhan zat – zat yang meracuni tanah dan tanaman. Jika zat tersebut berlebihan seperti zat Al (alumunium), Fe (zat besi), Cu (Tembaga)
  3. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi penyerapan zat – zat hara. Peningkatan tersebut terjadi dari penyerapan untuk pupuk organik maupun non organik
  4. Untuk menjaga tingkat ketersediaan unsur hara mikro sesuai kebutuhan tanaman.
  5. Untuk memperbaiki porositas tanah, struktur serta aerasi tanah. Sekaligus bermanfaat bagi mikrobiologi dan kimiawi tanah. Dengan perbaikan itu, tanah menjadi gembur, sirkulasi udara dalam tanah lancar dan menjadikan akar semai bebas bergerak menghisap unsur hara dari tanah.
  6. Sebagai aktifator berbagai jenis enzim tanaman yang merangsang pembentukan senyawa lemak dan minyak serta karbohidrat, dan
  7. Untuk membantu pembentukan hijau daun yang sempurna.

Kesimpulan dari kedua pengertian diatas, perbedaan antara kaptan dan dolomit adalah senyawa yang membentuknya. Dolomit memiliki keunggulan lain, dengan kandungan magnesium yang dimilikinya. Sedangkan kaptan yang hanya mengandung kalsium, hanya memiliki fungsi sebagai penetral pH tanah. Dan untuk memilih produk yang pas, kita perlu mengetahui kebutuhan yang kita perlukan.

Baca Juga: Pupuk Dolomit: Manfaatnya Untuk Tanah Dan Tanaman

Tinggalkan Balasan