Kalender Pranoto Mongso 2021 Versi PDF

kalender pranoto mongso 2021
Rekomendasikan Artikel

Jika Anda merupakan keturunan suku jawa, mungkin istilah pranoto mongso tidak begitu asing bagi Anda. Para petani jawa, khususnya yang senior menggunakan pranoto mongso sebagai penanda kegiatan pertanian yang mereka lakukan. Begitu juga dengan kalender pranoto mongso tahun 2021 ini yang mungkin banyak yang menggunakannya.

Akan tetapi perhitungan mongso atau musim jawa ini tidak terdapat pada kalender-kalender nasional pada umumnya. Kalender ini hanya terdapat pada penanggalan jawa dari kerajaan Mataram atau Keraton Yogyakarta. Nama kalender tersebut adalah Almenak dinding.

Perhitungan kalender pranoto mongso tidak ada perubahan setiap tahunnya. Perhitungan kalender ini bersifat tetap pada setiap tahunya. Dan perhitunganya mengikuti perubahan pada kalender masehi yang menjadi kalender nasional saat ini.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus Di Sawah Paling Efektif, Begini Tipsnya!

Pranoto mongso berbeda dengan kalender jawa. Jadi di jawa selain menggunakan kalender masehi nasional yang lebih umum, juga menggunakan kalender jawa. Kalender ini sering disebut sebagai kalender saka. Perhitungan kalender Saka berdasarkan perputaran bulan seperti halnya kalender Hijriah.

Kalender Saka pada mulanya merupakan kalender Hindu yang perhitungannya berdasarkan perputaran matahari. Namun kemudian pada tahun 1633 Masehi, Sri Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo mengganti sistem kalender tersebut berdasarkan perhitungan peredaran bulan seperti halnya kalender Hijriah.

Perubahan tersebut kemudian membuat para petani menjadi kebingungan dalam menentukan musim. Kalender yang berdasarkan bulan tidak dapat menjadi patokan perubahan alam. Sebab pengaruh perubahan kejadian alam bermuara pada pergerakan matahari. Artinya sistem kalender saka tersebut tidak memadai untuk menjadi patokan para petani untuk bercocok tanam maupun kegiatan pertanian laiinya.

Akhirnya pada tahun 1855, Sri Paduka Mangkunegara IV memperbaharui bulan-bulan matahari yang sebagai pranoto mongso yang masih ada hingga saat ini. Kemudian para petani jawa pun kembali mendapatkan patokan untuk kegiatan bercocok tanam maupun kegiatan lainnya.

Baca Juga : Tujuan Pertanian Berkelanjutan Yang Wajib Anda Ketahui

Download Kalender Pranoto Mongso versi Pdf

Mungkin banyak dari pembaca sekalian yang kesulitan dalam mendapatkan kalender pranoto mongso ini. Meskipun almenak dinding tersebut sampai saat ini masih tersedia, akan tetapi memang bisa dikatakan sangat langka. Trend dunia modern dengan hadirnya banyak model kalender membuatnya tenggelam dari model-model yang lainnya.

Menanggapi hal tersebut Smart-Tani berupaya untuk menyediakan perhitungan pranoto mongso dalam versi digital. Meski dengan bentuk dan model yang sederhana, kami berharap model ini tetap bermanfaat bagi Anda sekalian. Kalender ini berformat PDF yang tentunya dapat Anda buka meskipun hanya menggunakan ponsel saja. Silahkan bagi Anda yang ingin menggunakannya dapat mendownload pada link berikut ini :

download kalender pranoto mongso

Semoga membawa manfaat bagi pembaca sekalian dan selamat menggunakan.

Baca Juga : Pranoto Mongso Sebagai Penanda Pertanian Suku Jawa


Rekomendasikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *