Beranda » Jenis Tanaman Hias Ruangan Yang Menambah Kesejukan

Jenis Tanaman Hias Ruangan Yang Menambah Kesejukan

jenis tanaman hias ruangan

Ruangan akan terlihat lebih nyaman jika ada hiasan dalam bentuk tanaman. Selain itu tanaman akan menambah kadar oksigen dan mengurangi polusi udara dalam ruangan. Sedangkan jenis tanaman hias ruangan ada bermacam-macam. Biasanya merupakan jenis tanaman yang penanamannya dapat dengan menggunakan pot maupun vas bunga.

Pemilihan jenis tanaman hias ruangan tentu dengan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Selain itu, tanaman tersebut semestinya memiliki manfaat dan nilai estetiska lain. Jumlah jenis tanaman tersebut tentunya banyak sekali. Dan pada kesempatan kali ini, Tani Millenial akan memberikan beberapa contoh tanaman hias yang dapat menjadi hiasan ruangan Anda. Berikut beberapa contoh tersebut:

1. Tanaman hias ruangan berdaun merak (Calathea makoyana)

Calethea makoyana merupakan tanaman yang berasal dari Brazil bagian timur. Ciri-cirinya adalah daun hijau bulat, pucat, dan mengkilap. Sepanjang urat permukaan atas daun terdapat bercak hijau tua. Kemudian permukaan bawah daun berwarna ungu tua dengan batang daun yang sangat tipis.

Daun yang baru tumbuh akan tergulung dan bagian bawahnya berwarna merah muda kemerahan. Kemudian tanaman ini memiliki batang tanah horizontal. Kemudian juga memiliki rimpang sebagai tempat untuk tumbuh tanaman serta tempat akar berkembang. Tanaman ini akan menutup daunnya pada malam hari. Kemudian baru membuka kembali ketika fajar menyingsing.

Karena memiliki daun yang indah serta ukuran yang kecil, tanaman ini cocok untuk menjadi hiasan di atas meja. Selain itu, karena motif daun tanaman ini yang cukup unik, bentuknya menyerupai burung merak. Maka dari itu, tanaman ini akan menambah nilai estetika dari ruangan Anda.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Halaman, Bikin Halaman Makin Asri

2. Beringin putih (Ficus benjamina)

Tanaman beringin putih merupakan tanaman asli dari Bangkok. Tanaman ini dapat menjulang tinggi hingga 30 meter dalam kondisi yang alami. Cabang-cabangnya terkulai anggun dengan daun yang mengkilap. Daun tersebut berbentuk oval dengan ujungnya yang tajam.

Sebagai tanaman hias, beringin putih memang cukup populer. Hal tersebut karena pertumbuhannya yang elegan. Kemudian tanaman ini memang kondisi terbaiknya adalah pada lahan yang mendapat sinar matahari. Akan tetapi meskipun ada naungan atau redup dalam ruangan, tanaman ini masih mampu untuk hidup. Dan jika dalam ruangan maka sangat perlu untuk memangkasnya secara rutin. Itu karena untuk menjaga agar tanaman tidak terlalu besar.

Selain sebagai tanaman hias, beringin putih juga memiliki manfaat lain sebagai penjaga ruangan dari gas-gas yang berbahaya. Tanaman ini memiliki kemampuan yang efektif dalam menghilangkan racun udara yang berbahaya. Racun udara tersebut adalah formaldehida dan xilena.

3. Spatifilum (Spathiphyllum sensation)

Spatifilum merupakan tanaman hias yang sangat populer. Anda dapat melihat tanaman ini dalam perkantoran, restoran, maupun rumah-rumah pribadi. Tanaman ini memiliki daun yang besar dengan garis-garis yang cukup dalam. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan bunga berwarna putih yang indah.

Tanaman spatifillum ini merupakan tanaman yang mampu tumbuh dengan baik dalam cahaya yang rendah. Akan tetapi agar pertumbuhannya maksimal lebih baik berada dalam cahaya yang sedang. Dan jika Anda menginginkan tanaman ini berbunga, maka sebaiknya letakkan pada di tempat dengan cahaya tidak langsung.

Spatifillum pernah menjadi objek penelitian NASA pada tahun 1989. Pada penelitian tersebut diketahui jika tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyaring dan membersihkan udara di luar angkasa. Meski studi yang baru menyatakan tanaman ini tidak seefektif itu untuk menyaring polutan udara.

Baca Juga : 5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

4. Tanaman hias Walisongo (Schefflera Dianne)

Schefflera Dianne

Sumber : pinterest.es

Jika Anda mendengar nama ini, mungkin akan teringat dengan penyebar agama Islam di Indonesia. Ya, walisongo merupakan sebuah kelompok penyebar agama Islam di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Akan tetapi tanaman ini tidak ada hubungannya dengan perjalanan sejarah tersebut. Pemberian nama walinsongo karena tanaman ini memiliki jumlah 9 daun pada setiap tangkainya.

Tanaman walisongo memiliki daun berukuran besar. Daun tersebut berwarna hijau muda dan mengkilap. Kemudian daunnya berupa daun majemuk yang setiap tangkainya terdiri dari 4-12 anak daun. Akan tetapi, jumlah rata-rata anak daun tersebut 9 buah. Dan seperti penjelasan pada awal tadi, inilah yang menjadi dasar penamaan tanaman ini.

Penampilan tanaman ini cukup artistik. Setiap orang yang memandangnya akan merasa nyaman. Selain itu tanaman ini juga sangat eksklusif dengan tangkai daun yang panjang lurus menyangga kerimbunan daun. Tanaman ini dapat bertahan selama 1 minggu jika anda meletakannya dalam ruangan.

5. Tanaman hias ruangan dari Amerika, Zamia (Zamia furfuracea)

Zamia furfuracea

Sumber : pinterest.com

Tanaman ini berasal dari Meksiko, Hindia Barat, Amerika Tengah dan Selatan hingga Bolivia (Wikipedia). Kemudian zamia memiliki daun bertipe majemuk dengan anak daun yang tersusun berhadapan. Daun majemuk tersebut dapat mencapai panjang sampai 100 cm.

Zamia tidak membutuhkan banyak air untuk hidup. Anda hanya cukup menyiramnya 3 hari sekali. Kemudian dalam ruangan yang ber AC, tanaman ini dapat bertahan hingga 4 minggu. Di sisi lain, tanaman ini mampu bertahan dari udara yang kering.

 

Tinggalkan Balasan