Beranda » Jenis Tanaman Hias Halaman, Bikin Halaman Makin Asri

Jenis Tanaman Hias Halaman, Bikin Halaman Makin Asri

jenis tanaman hias halaman

Sumber : pennington.com

Halaman rumah akan semakin asri jika kita menghiasnya dengan berbagai tanaman. Selain itu halaman rumah akan semakin teduh sehingga dapat sebagai penyejuk jiwa. Sedangkan jenis tanaman hias halaman tersebut hampir semua jenis tanaman hias. Dan jenis tanaman yang cocok untuk halaman Anda, tergantung luasan dari halaman yang Anda miliki. Jika halamannya luas, maka dapat menanam tanaman hias yang besar. Namun jika sempit Anda dapat menanam jenis tanaman yang lebih kecil.

Jenis tanaman hias halaman dapat terdiri dari tanaman hias bunga maupun tanaman hias daun. Kedua kelompok tanaman ini dapat Anda gunakan meskipun dengan halaman yang sempit. Kemudian tanaman apa saja dari kedua kelompok ini? Berikut Tani Millenial akan memberikan beberapa contoh tanaman yang dapat anda gunakan sebagai penghias halaman Anda. Simak Ulasannya!

Jenis tanaman hias halaman berbentuk bunga

tanaman bunga

1. Tanaman Bunga tasbih, puspoyidro (Canna indica)

Tanaman bunga tasbih merupakan tanaman yang menjadi tanaman hias di taman kota karena keindahan bunganya. Sedangkan warna bunga tasbih ini merah cerah, merah muda dan juga kuning. Dan bunga-bunga tersebut dalam bentuk tandan. Kemudian warna bunga tersebut terang dan indah.

Perbanyakan bunga ini dapat menggunakan anakan maupun rimpang. Sedangkan tempat pertumbuhan bunga ini dapat mencapai hingga ketinggian 1000 mdpl. Tanah yang cocok untuk pertumbuhanya adalah tanah lempung, berpasir dan kaya humus.

2. Tanaman bunga Bugenvil (Bougainvillea glabra)

Bugenvil merupakan tanaman bunga berbentuk perdu yang memanjat dan berbatang kayu. Dan batang kayu tersebut memiliki duri yang berbentuk kait. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 5-16 m.

Sedangkan bentuk bunganya kecil-kecil seperti terompet. Bunga tersebut tumbuh berkelompok tiga dengan masing-masing bunga memiliki satu daun pelindung yang lebar. Kemudian kelompok bunga tersebut membentuk kesatuan selayaknya sekuntum bunga.

Warna daun pelindung sangat beraneka ragam, tergantung jenisnya. Beberapa warna daun pelindung tersebut antara lain merah, ungu, jingga, putih dan kuning. Kemudian bunga bugenvil ini cocok di taman pada tanah gembur yang mengandung pasir.

3. Berbagai jenis tanaman hias halaman bunga Dahlia (Dahlia variabilis)

Bunga dahlia merupakan tumbuhan tahunan yang tegak. Tanaman ini berasal dari pegunungan Meksiko. Sedangkan tanaman tersebut mulai di budidayakan tahun 1789 di Eropa. Pada masa penjajahan, Belanda mendatangkan bunga ini ke Jawa Barat pada abad ke 19.

Bunga dahlia merupakan tanaman pohon yang berbentuk perdu. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga beberapa meter. Sedangkan bunga ini memiliki warna putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu atau campurannya. Kemudian diameter bunga terkecil sekitar 5 cm dan yang terbesar sekitar 30 cm. Lalu untuk perbanyakan bunga ini dapat dengan benih, stek maupun ubi.

4. Tanaman bunga Kamboja Jepang (Adenium sp.)

Kamboja Jepang atau Adenium merupakan tanaman hias yang berasal dari gurun Afrika dan Arab. Tanaman ini termasuk dalam tanaman semak sukulen yang bermanfaat dalam pertahanan diri terhadap lingkungan yang kering dan panas.

Keindahan kamboja Jepang atau adenium ini tidak terletak hanya pada bunganya saja. Akan tetapi akar dan bonggolnya merupakan daya tarik lain yang memiliki nilai jual. Semakin bagus dan besar bonggolnya maka nilai jualnya akan semakin tinggi.

Bunga dari tanamam ini berbentuk malai, menggerombol pada ujung ranting dan berbentuk terompet. Mahkota bunga berdiameter 1-1,5 cm. Dan pada sisi dalamnya berambut dengan sisi luar berwarna merah.

5. Jenis tanaman hias bunga Anyelir (Dianthus saryphyllus)

Anyelir merupakan jenis bungan yang memiliki warna yang terang dan berwarna-warni. Kualitas bunga ini dinilai dari batang yang kuat dan lurus dengan daun yang lebar. Selain itu tangkai bunga harus kuat dan lurus. Kemudian warna bunga harus cerah.

Tanaman ini dapat menjadi tanaman hias pekarangan maupun dalam pot. Dan jika ditanam di lahan, maka dapat tumbuh tinggi mencapai 2 meter. Dan untuk perbanyakanya dapat menggunakan biji, stek maupun perundukan.

Baca Juga : 5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

Jenis tanaman hias halaman berbentuk daun

tanaman daun

1. Tanaman Lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Selain menjadi tanaman hias, tanaman ini memiliki khasiat dan berbagai manfaat lainya. Bangsa Mesir kuno, sejak 1500 SM telah menggunakan tanaman ini untuk berbagai keperluan. Bahkan mereka menyebut tanaman ini sebagai tanaman keabadian.

Tanaman lidah buaya memiliki akar yang menyebar ke samping pada bagian bawah tanaman. Sedangkan batang tanaman ini cukup pendek sekitar 10 cm. Kemudian letak daun lidah buaya berhadap-hadapan dan mempunyai bentuk yang sama. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bungan dengan warna yang bervariasi. Bunga tersebut berada di ujung atas. Tepatnya pada tangkai yang keluar dari ketiak daun dan bercabang.

2. Tanaman Ekor kucing (Acalypha hispida)

Selain sebagai tanaman hias, ekor kucing juga dikenal sebagai tanaman obat alami. Tanaman ini sering menjadi obat vitiligo, batuk darah, sariawan, disentri dan mimisan. Kemampuan tersebut karena tanaman ini mengandung berbagai senyawa kimia yang berguna dalam pengobatan.

Tanaman ekor kucing merupakan tanaman yang berasal dari Hindia Barat. Tanaman ini berbentuk perdu, tegak dengan tinggi 1-3 meter. Batang tanaman ini berbentuk bulat dengan percabangan simpodial dan bulat dan letaknya berseling. Sedangkan bentuk daunnya bulat telur atau lonjong. Daun tersebut berbentuk runcing dengan pangkal yang tumpul. Kemudian tepi daun bergerigi dengan permukaan yang mengkilap.

3. Tanaman Blanceng (Dieffenbanchia)

Tanaman blanceng ini merupakan tanaman yang termasuk dalam golongan tanaman tales/keladi. Sedangkan warna daunnya hijau tua dengan bintik-bintik kuning tidak beraturan. Sedangkan ukuran daunya besar dengan panjang kurang lebih 40 cm.

Tanaman blanceng dapat tumbuh baik pada wilayah dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Anda harus berhati-hati karena getah dari tanaman ini dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit. Namun begitu, tanaman ini memiliki manfaat untuk menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan dalam ruangan.

4. Tanaman Puring (Cadiaeum variegatan)

Puring merupakan tanaman yang awalnya hanya menjadi tanaman peneduh makam. Selain itu, di pedesaan tanaman puring ini menjadi tanaman pembatas tanah warga masyarakat. Saat ini tanaman puring banyak menjadi tanaman hias halaman maupun sebagai pagar.

Tanaman puring memiliki daun yang berwarna-warni dan bentunknya beraneka ragam. Kemudian warna daun tersebut antara lain hijau, kuning, orange, merah, dan ungu. Sedangkan corak daun tersebut memiliki bintik-bintik atau garis. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman yang paling baik dalam menyerap unsur plumbum (Pb/timah hitam/timbal).

5. Jenis tanaman hias Palm kuning (Chrysalidocaprus lustescens)

Palm kuning merupakan salah satu jenis tanaman baik untuk tanaman luar maupun dalam ruangan. Tanaman ini dapat bertahan hidup meskipun berada pada ruangan yang dingin dan ber AC. Tanaman ini tidak hanya berbentuk pohon. Akan tetapi ada yang berbentuk liana yang memerlukan pohon panjatan untuk hidup. Ada juga yang seakan-akan hanya terdiri dari daun saja karena batang tidak berkembang.

Palem kuning termasuk dalam jenis palem yang eksotis. Jenis ini cocok untuk menjadi pengisi ruang terbuka hijau. Akan tetapi pemanfaatan tersebut harus dengan menyesuaikan dengan perawakan serta syarat tumbuh tanaman tersebut.

Itulah jenis tanaman hias halaman yang dapat Anda tanaman di halaman rumah Anda. Selain dapat menjadi penghias pekarangan Anda, tanaman tersebut rupanya memiliki manfaat lain yang cukup penting. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari jenis tanaman hias halaman.

Baca Juga : 5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

Tinggalkan Balasan