Beranda » Jenis Tanaman Hias Bunga Paling Mudah Anda Tanam

Jenis Tanaman Hias Bunga Paling Mudah Anda Tanam

Jenis tanaman hias bunga

Memelihara bunga-bunga di pekarangan Anda tentu saja akan membuat pekarangan rumah semakin asri dan indah. Bukan hanya Anda yang kemudian akan betah tinggal di rumah Anda. Mungkin sahabat atau rekan-rekan Anda pun akan menyukainya. Namun, mungkin saja Anda masih bingung dengan jenis tanaman hias bunga yang akan Anda tanam. Sebab, memang ada begitu banyak jenis bunga yang dapat membuat pekarangan dan rumah Anda semakin indah.

Anda dapat bisa saja memilih jenis bunga-bunga mahal yang pastinya memiliki keunikan yang lebih. Akan tetapi Anda juga harus memikirkan cara merawat tanaman tersebut. Akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu memilih jenis tanaman hias bunga yang mudah dalam perawatanya,

Pada kesempatan kali ini, Tani Millenial akan berbagi informasi beberapa jenis tanaman bunga yang mudah untuk Anda budidayakan. Meskipun mudah, namun bunga-bunga ini pun memiliki nilai keindahan dengan jenis bunga yang lainnya. Apa saja macam-macam tanaman hias bunga tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1. Jenis tanaman hias bunga mawar

Bunga mawar

Sumber Gambar: gored.com.ng

Siapa yang tak mengenal bunga yang satu ini? Hampir semua orang mengenal bunga mawar. Banyak orang yang menggemari jenis tanaman hias bunga mawar ini. Meskipun batang tanaman ini berduri.

Bunga mawar merupakan tanaman yang berasal dar China. Dan saat ini telah menyebar luas ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tanaman mawar memerlukan iklim yang sesuai agar dapat tumbuh dengan optimal. Curah huan 1500-3000 mm/thn dan sinar matahari 5-6 jam/hari.

Anda  dapat menanam tanaman mawar baik dengan media kebun atau pot. Sedangkan cara perbanyakan tanaman ini adalah dengan stek batang yang paling mudah, meski dapat juga dengan menggunakan biji. Jika perawatannya baik, pada bulan ke 4-5 anda sudah bisa menikmati keindahan tanaman bunga mawar ini.

Baca Juga: Keistimewaan Tanaman Janda Bolong Tanaman Hias Termahal 2020

2. Jenis tanaman hias bunga melati

Bunga melati

Sumber gambar: asianews.com

Tentunya banyak juga yang mengenal tanaman bunga melati ini. Di Indonesia bunga melati putih merupakan simbol bangsa karena melambangkan kemurnian dan kesucian. Melati putih  merupakan maskot flora nasional. Bunga ini memiliki warna yang indah serta bau yang harum.

Bunga melati termasuk dalam tanaman perdu yang dapat hidup baik pada ketinggian 600 atau 800 mdpl. Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan stek, cangkok, maupun dengan merunduk. Tanaman ini dapat Anda tanam di kebun sebagai usaha budidaya yang lebih luas maupun hanya di pot sebagai hiasan rumah.

Tanaman bunga melati akan menghasilkan bunga pada usia 10-11 bulan. Pemanenan dilakukan ketika bunganya masih kuncup atau setengah mekar. Panen dapat Anda lakukan beberapa kali, sebab pada awal pembungaan, bunganya masih belum banyak.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Ruangan Yang Menambah Kesejukan

3. Tanaman bunga tasbih

Bunga tasbih

Sumber gambar: bibitonline.com

Bunga tasbih merupakan tanaman yang berasal dari Amerika dan saat ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Beberapa jenis tanaman ini selain menjadi tanaman hias juga dapat menjadi bahan pangan. Bunga tasbih menghasilkan umbi yang dapat Anda makan langsung maupun dengan di masak terlebih dahulu.

Bentuk, ukuran dan warna bunga tasbih sangat beraneka ragam. Berbagai vareasi tersebut merupakan hasil kawin silang dari beberapa spesies bunga tasbih. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 mdpl dengan curah hujan 1000-1200 mm/tahun.

Cara memperbanyak bunga tasbih dapat secara generatif maupun vegetatif. Akan tetapi yang paling umum adalah dengan vegetatif, yakni dengan umbinya. Panen bunga tasbih lebih banyak dalam bentuk umbi segar sebagai bahan pangan dari pada bungannya. Waktu panen antara 4-8 bulan setelah tanam.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Halaman, Bikin Halaman Makin Asri

4. Bunga dahlia

Bunga dahlia

Sumber gambar: gardeningknowhow.com

Tanaman bunga dahlia banyak dimanfaatkan sebagai bunga hias potong. Selain itu, umbi bunga dahlia juga Anda manfaatkan sebagai pemanis berupa gula cair fruktosa. Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Perbanyakan bunga dahlia dapat Anda lakukan secara vegetatif maupun generatif. Anda dapat menggunakan benih, umbi, atau dengan menyetek tanaman bunga dahlia. Tanaman ini dapat Anda tanam di kebun dan juga hanya menggunakan pot.

Bunga dahlia dapat Anda panen ketika berumur 3 bulan setelah tanam. Pemetikan bunga 2 kali seminggu hingga 4 bulan kemudian. Bunga yang dapat Anda petik adalah bunga yang telah mekar dengan diameter 10 cm.

Baca Juga: 5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

5. Bunga Matahari

bunga matahari

Sumber Gambar: almanac.com

Anda mungkin sering merasakan produk hasil panen bunga matahari ini yakni kwaci. Kwaci merupakan salah satu hasil panen bunga matahari dalam bentuk biji. Selain itu, hasil panen bunga matahari juga menjadi salah satu bahan baku industri minyak.

Bunga matahari merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan telah menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga ketinggian 75-200 cm. Sedangkan  untuk perbanyakan tanamaman ini  adalah dengan menggunakan biji.

Panen bunga matahari dapat Anda lakukan ketika bunga matahari telah benar-benar tua. Ciri-cirinya adalah kelopak bunga telah mengering, tangkai berwarna kuning kecoklatan, dan pohonnya mengeras. Selain  itu biji bunga matahari akan terlihat berwarna hitam dengan garis-garis putih atau sebaliknya.

Baca Juga : 15 Tanaman Obat Dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Tahu

Itulah 5 jenis tanaman hias bunga yang mudah untuk Anda budidayakan. Dan yang menjadi catatan, selain mudah Anda juga mendapatkan manfaat potensi ekonomi lainnya. Semoga memberi tambahan wawasan, dan selamat mencoba.

Referensi artikel : Teknologi  Budidaya Tanaman Hias Agribisnis (Ir.Titiek Widyastuti,M.S.)

Tinggalkan Balasan