Beranda » Inilah Pertanian Modern Dalam Ruangan Terbesar Di Dunia

Inilah Pertanian Modern Dalam Ruangan Terbesar Di Dunia

pertanian modern dalam ruangan

Dengan pertumbuhan pembangunan yang semakin masif di berbagai belahan dunia, maka lahan pertanian pun semakin menyempit. Lahan pertanian banyak berubah menjadi jalan raya, gedung, perkantoran, maupun pemukiman. Itu artinya produksi pangan pun berpotensi menurun. Sedangkan populasi manusia semakin bertambah bersamaan dengan kebutuhan pangan. Oleh karena itu sangat perlu pengembangan teknologi pertanian yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dan salah satu terobosan tersebut adalah pengembangan teknologi pertanian modern dalam ruangan.

AeroFarms merupakan sebuah perusahaan pertanian dalam ruangan yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan pertanian modern dalam ruangan. Penanaman dilakukan tanpa menggunakan tanah dan tanpa mendapatkan sinar matahari. Selain itu, penggunaan air pun lebih sedikit daripada pertanian konvensional.

Aero farm menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di dunia dan sempat mendapatkan penghargaan oleh Fast Company. Bahkan pada tahun 2021 ini mereka telah mendapatkan 3 penghargaan yang cukup bergengsi. Mereka mendapatkan penghargaan BIG Innovation Award, dan merupakan satu-satunya perusahaan agri tech yang pernah mendapatkannya. Mereka juga mendapatkan penghargaan Inovasi Ekonomi Sirkuler dan juga peringkat teratas daftar FoodTech500 selama 2 tahun berturut-turut.

Baca juga : Mengintip Teknologi Pertanian Vertikal Di Negara Maju

Teknologi pertanian dalam ruangan yang akan memecahkan berbagai masalah pertanian terbesar

Melansir artikel businessinsider.com, model pertanian yang dikembangkan AeroFarm merupakan pertanian berkelanjutan untuk memecahkan berbagai masalah. Persolan air menjadi sorotan dalam hal ini. Menurut artikel tersebut, penggunaan air tawar untuk lahan pertanian sebesar 70%. Selain itu, penyebab terbesar pencemaran air adalah pertanian. Kemudian AeroFarm dengan sederet teknologi canggihnya hanya membutuhkan 5% air dari kebutuhan seharusnya. Model tersebut tentu akan menghemat penggunaan air tawar.

Selain persoalan air, hama dan penyakit juga menjadi hal yang akan terselesaikan dengan teknologi aeroponik mereka. Tanaman tidak membutuhkan pestisida, herbisida atau fungsida. Itu karena tempat, suhu, maupun udara telah terkondisi dengan berbagai perangkat teknologi. Begitu pula dengan waktu pertumbuhan tanaman yang berkurang hingga 50%.

Kemudian persoalan pembusukan menjadi masalah selanjutnya yang ingin mereka pecahkan. Di daerah perkotaan seperti New Jersey tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pasokan sayuran yang segar. Dengan keberadaan perusahaan mereka yang berada di perkotaan, tentu masalah itu akan teratasi.

Baca Juga : 5 Teknologi Canggih Pertanian ini Dipakai Petani Jepang

Pertanian dalam ruangan yang merupakan hasil penggabungan berbagai teknologi pintar

Sains dan teknologi tentu menjadi dasar yang tepat yang kemudian menjadikan model pertanian dalam ruangan ini. Aerofarm menggunakan berbagai teknologi untuk dapat menumbuhkan tanaman di dalam ruangan. Mereka menggunakan kain khusus untuk pengganti tanah. Mereka menyebut sistem tersebut sebagai sistem aeroponik. Dengan sistem tersebut mereka hanya membutuhkan 5% air dari kebutuhan pertanian konvensional. Jika membandingkan dengan sistem hidroponik, aeroponik hanya membutuhkan 40% air lebih sedikit.

Kemudian mereka menggunakan lampu LED sebagai pengganti sinar matahari. Dan dengan teknologi khusus, bahkan lampu LED tersebut dapat mengubah kandungan tertentu pada tanaman. Tim Aerofarm dapat dengan mudah menentukan kandungan, rasa, tekstur, maupun warna dengan mengubah jenis cahaya pada lampu LED.

Aerofarm juga menggunakan nutrisi cerdas dengan terus memantau kebutuhan nutrisi tanaman. Jika membandingkan dengan tanaman di lapangan, aerofarm mampu menghasilkan 390 kali lebih banyak. Selain nutisi mereka juga menggunakan data cerdas yang dapat memahami biologi tanaman dengan lebih baik. Analisa data cerdas tersebut mereka gunakan untuk membuat prediksi tanaman agar menghasilkan produk unggul dan konsisten.

Teknologi manajemen hama cerdas menjadi keunggulan selanjutnya yang mereka miliki. Mereka mengoptimalkan setiap pertumbuhan tanaman untuk meminimalkan dan mengurangi penyebaran hama. Lingkungan penanaman tersebut telah mereka sesuaikan agar hama tidak mampu menyerang dan berkembang. Kemudian mereka juga menggunakan metode penanaman yang mengganggu siklus hidup hama dalam ruangan. Pertanian mereka tersebut tanpa menggunakan pestisda, herbisida, maupun fungisida.

Baca Juga : Mengintip Tambak Ikan Berlantai Delapan Di Singapura

AeroFarm memiliki area penanaman di sekolah dan ingin ekspansi di empat benua lainnya

Dalam perkembanganya, Aerofarm tak hanya menyediakan dan beroperasi di New Jersey saja. Akan tetapi mereka telah mengembangkan pada beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Hal tersebut karena permintaan akan produk mereka semakin meningkat. Selain di wilayah Amerika Serikat mereka juga berupaya mengembangkan metode mereka secara global di empat benua lainnya.

Kantor pusat global AeroFarm berada di 212 Rome Street, Newark, NJ, AS. Tempat tersebut merupakan bekas pabrik baja dengan luas 6503,2 meter persegi. Di tempat tersebut, Aerofam mengahasilkan lebih dari 900 ton sayuran produk mereka. Dan tempat tersebut merupakan pertanian dalam ruangan terbesar di dunia. Area pertanian mereka juga berada di 400 Ferry Street, Newark, NJ dengan luas lahan 2787 meter persegi.

Di Newark, NJ mereka juga memiliki tempat penelitian seluas 510,9 meter persegi. Tempat tersebut merupakan tempat dengan fasilitas penelitian dan pengembangan teknologi mereka. Selain itu mereka juga memiliki sebuah unit area penanaman di Philips Academy, Newark, As. Di tempat tersebut para siswa dapat menikmati sayuran segar yang jarang di temukan di tempat lain di kota tersebut.

Baca Juga : Ingin Jadi Negara Pertanian Terdepan, Ini Langkah Vietnam!

Itulah sederet fakta mengenai pengembangan teknologi pertanian modern dalam ruangan. Selain di Amerika Serikat, saat ini pengembangan pertanian metode tersebut juga terjadi di berbagai negara maju lainnya. Mereka ingin menyediakan makanan lokal di perkotaan yang sehat dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan