Inilah 5 Teknologi Pertanian Jepang Yang Super Canggih!

teknologi pertanian jepang
Rekomendasikan Artikel

Jepang tidak memiliki tanah yang subur seperti negara lain. Akan tetapi produk pertanian Jepang tetap unggul di dunia. Itu semua berkat teknologi pertanian Jepang yang sangat canggih. Tentu saja kita semua paham, jika Jepang merupakan salah satu kiblat teknologi di dunia.

Produk teknologi Jepang memang telah terkenal kualitasnya. Meski sering berharga lebih mahal, akan tetapi produk mereka tetap menjadi pilihan utama. Produk teknologi mereka tentu saja tidak hanya pada teknologi otomotif saja. Akan tetapi ada banyak bidang lain yang tak kalah canggihnya, termasuk bidang pertanian.

Tak hanya menjual saja ke negara lain, akan tetapi Jepang juga menggunakan produk mereka untuk meningkatkan produktivitas dalam negeri. Kemudian untuk bidang pertanian, teknologi canggih apa saja yang telah mereka pakai? Simak ulasan berikut ini.

1. Teknologi pembibitan

Jepang memiliki teknologi pembibitan kelas wahid di dunia. Khususnya untuk teknologi kultur jaringan yang merupakan teknologi penciptaan bibit kualitas tinggi. Meski teknologi semacam ini telah berkembang di berbagai belahan dunia, namun Jepang tetap yang utama. Banyak negara yang menjadikan Jepang sebagai kiblat untuk pengembangan teknologi pembibitan tersebut.

Teknologi kultur jaringan ini bermanfaat untuk mengambil sifat-sifat positif dari sebuah bibit tanaman.Kemudian dengan cara itu juga mampu menggabungkan dengan jenis yang lain. Sehingga akan tercipta bibit yang memiliki sifat yang lebih unggul daripada sebelumnya.

Baca Juga : China Ciptakan Bibit Padi Hibrida Dengan Hasil 22 Ton/Hektar

2. Mesin untuk menanam

Bagaimana dengan menanam dengan mesin? Di Jepang, penggunaan mesin untuk menanam telah banyak berkembang. Terlebih lagi mesin-mesin tersebut merupakan buatan negeri mereka sendiri. Yang paling menarik tentu mesin untuk menanam padi. Video proses penggunaan mesin tanam padi ini banyak beredar bahkan di Indonesia.

Penggunaan mesin penanam tentu akan membuat proses pertanian menjadi semakin cepat dan efektif. Biaya tenaga kerja pun akan berkurang. Meski harga mesin ini juga pasti mahal. Namun dengan efektifitas dari penggunaan mesin ini, tentu tetap akan menjaga keuntungan yang didapatkan.

Baca Juga : Cara Penggemukan Sapi Dari Bakalan Hingga Panen

3. Mesin untuk memanen

Tidak hanya menggunakan mesin untuk menanam, namun mesin untuk memanen pun tersedia di Jepang. Dan mesin memanen padi mungkin sudah pernah kita lihat di Indonesia. Namun saat ini telah banyak berkembang untuk jenis tanaman lain.

Negara-negara maju, termasuk Jepang, saat ini telah mengembangkan mesin untuk menanam buah. Mesin ini mampu membedakan buah yang telah masak atau belum. Dan keunggulan lainnya adalah mesin ini mampu memanen dengan lebih aman.

Baca Juga : Manfaat Pupuk Organik Untuk Pertanian

4. Penggunaan drone

Drone menjadi perlengkapan selanjutnya yang ada di Jepang. Pesawat tanpa awak dalam bentuk mini ini, mampu untuk mengamati lahan pertanian dalam skala yang lebih luas. Sedangkan pengedali perlengkapan ini dapat berada di tempat yang jauh. Sebab perlengkapan ini telah terkoneksi dengan jaringan internet dan dapat terhubung dengan aplikasi smartphone.

Namun penggunaan drone tak hanya untuk pengawasan saja. Akan tetapi penyemprotan dengan bahan kimia yang berbahaya pun dapat dilakukan dengan menggunakan perlengkapan ini.

Baca Juga : 3 Jenis Pupuk Organik Yang Menjadi Pembenah Tanah

5. Kecerdasan buatan atau artifikal intelegen (AI)

Kecerdasan buatan atau AI ini merupakan teknologi generasi terkini yang baru menjadi perbincangan di berbagai belahan dunia. Dengan teknologi tersebut, petani mampu menganalisa kondisi tanaman dengan lebih teliti berdasarkan data yang dikumpulkan AI.

Seperti contoh pada berita ini,dengan perlengkapan yang xarvio tersebut, petani mampu mengatur tanaman secara mikro. Dengan perlengkapan tersebut, petani mampu menganalisa varietas, pola cuaca dan citra satelit untuk mengetahui kebutuhan tanaman.

Itulah 5 teknologi pertanian Jepang yang menjadi nilai plus pertanian di negeri sakura tersebut. Semoga informasi ini memberi inspirasi bagi para pembaca sekalian. Semoga bermanfaat, Salam Tani.

Sumber gambar : japaninternships.com


Rekomendasikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *