Beranda » Cara Ternak Kalkun Pemula Agar Hasil Maksimal

Cara Ternak Kalkun Pemula Agar Hasil Maksimal

cara ternak kalkun pemula

Kalkun merupakan jenis unggas yang sangat potensial untuk dikembangkan. Unggas ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan dapat memanfaatkan bahan pakan baik biji-bijian maupun hijauan. Jika Anda masih pemula, mungkin Anda masih belum paham cara ternak kalkun pemula yang baik. Meskipun ternak kalkun ini sebenarnya cukup mudah.

Dewasa ini, permintaan daging kalkun meningkat. Daging kalkun mulai tersedia di super market atau pasar-pasar lokal, meski konsumennya masih terbatas. Oleh karena itu, potensi ternak kalkun saat ini mulai cerah. Berikut ini adalah cara ternak kalkun pemula yang bisa Anda praktikkan.

Baca Juga : Budidaya Ayam Potong? Begini tipsnya Untuk Pemula

1. Pemilihan bibit dan lokasi ternak kalkun

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak menbudidayakan kalkun, yaitu memilih bibit kalkun yang baik. Anda bisa membeli kalkun dari penjual bibit ternak. Namun, apabila Anda sudah memiliki sepasang kalkun jantan dan betina, maka Anda bisa melakukan pembibitan sendiri. Tentu saja, Jika hendak membeli dari penjual, pastikan untuk memilih kalkun yang sehat.

Langkah selanjutnya, setelah mendapatkan bibit kalkun yang sehat, adalah pemilihan lokasi budidaya. Untuk membudidayakan kalkun, lokasi yang paling tepat, yaitu di daerah sekitar pantai, sekitar sungai atau danau, maupun daerah di sekitar persawahan. Hal ini bertujuan agar kalkun yang hendak Anda budidayakan memungkinkan untuk mencari makanan tambahan mereka sendiri.

Baca Juga : 6 Jenis Ras Ayam Lokal Yang Ada Di Indonesia

2. Pembuatan kandang untuk ternak kalkun

Selanjutnya, buatlah kandang untuk kalkun tersebut. Pastikan untuk membuat kandang yang cukup luas sehingga kalkun dapat bermain-main di kandang tersebut. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kandang tersebut memiliki ventilasi yang baik dan mudah dalam pembersihannya. Hal lain yang penting adalah membuat tempat bertelur kalkun di posisi yang aman dari kalkun lainnya. Usahakan juga membuat kandang mengarah ke timur sehingga ketika terbit fajar, sinar matahari akan langsung masuk.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula

3. Pemberian pakan dan pemeliharaan kesehatan kalkun

Anda dapat membeli pakan kalkun dari toko peternakan. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memberi makan kalkun, yaitu porsi. Usahakan untuk membedakan porsi pakan untuk kalkun dewasa dan kalkun anak-anak. Awasi dan kendalikan asupan makanan kalkun karena beberapa jenis unggas memiliki kecenderungan untuk terus makan meski sudah kenyang.

Hal penting yang wajib Anda lakukan selain memberi makan kalkun, yaitu memastikan bahwa kesehatan kalkun selalu terjaga. Berikan vaksinasi dan coba berikan suplemen pada kalkun agar kalkun dapat tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit. Suplemen yang Anda berikan sebaiknya menggunakan suplemen alami sehingga kalkun tumbuh sehat dengan alami.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gabus? Begini Caranya Agar Sukses!

Menarik bukan? Jika Anda tertarik budidaya unggas, budidaya kalkun dapat menjadi pilihan bagi Anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan