Beranda » Cara Sukses Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Cara Sukses Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Terpal

budidaya ikan mujair

Ikan mujair dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di perairan Indonesia. Cara budidaya ikan mujair ini juga terbilang mudah. Tidak membutuhkan banyak persyaratan khusus. Di Indonesia, ikan mujair telah di budidayakan di berbagai daerah. Sedangkan penghasil utama ikan mujair adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatra, dan Kalimantan.

Saat ini banyak peternak yang telah melakukan budidaya ikan mujair di kolam terpal. Dengan kolam model terpal ini, kebutuhan tempat menjadi lebih sedikit. Selain itu, pengeluaran biaya untuk membuat kolam juga tidak banyak. Meskipun begitu, tanah harus dibuat dengan kemiringan 3-5%. Usahakan juga untuk menggunakan tanah liat, karena dapat menampung air dengan baik. Berikut ini langkah-langkah dalam budidaya mujair.

1. Persiapan Kolam budidaya ikan mujair

Setelah lahan untuk membuat kolam terpal telah siap, langkah selanjutnya adalah memasang terpal. Sebagai tahapan mempersiapkan budidaya ikan mujair kolam terpal. Keringkan kolam terlebih dahulu sebagai langkah sterilisasi. Hal itu bertujuan agar nantinya tidak terdapat bakteri yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan mujair. Anda juga perlu melakukan pemupukan pada lahan dengan pupuk urea dan pupuk kandang. Usahakan kolam berada pada suhu 25-30° C karena merupakan suhu ideal pemeliharaan ikan mujair.

Baca juga : Cara Ternak Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula

2. Penetasan telur ikan mujair

Tahap selanjutnya budidaya ikan mujair kolam terpal adalah pemijahan. Caranya adalah taruh telur-telur ikan mujair di dalam lubang. Ikan mujair akan mengerami telur terbut dalam mulut sampai menetas. Dalam menyebarkan benih-benih ikan mujair, sekali tebar Anda dapat melakukannya dalam jumlah ratusan. Anda tidak perlu khawatir perkembangbiakannya, karena ikan ini cepat sekali beranak. Dalam waktu 3 bulan saja anaknya sudah banyak.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gabus? Begini Caranya Agar Sukses!

3. Pemberian pakan ikan mujair

Pakan untuk ikan mujair tergolong mudah. Ketika masih dalam bentuk benih-benih, ikan mujair makan plankton atau jasad renik. Akan tetapi, ketika sudah dewasa ikan mujair dapat memakan apa saja, seperti lumut dan daun-daunan. Anda juga bisa memberikan kangkung, kubis, dan wortel sebagai makanan tambahan. Pakan pelet biasanya lebih boros untuk ikan mujair karena ikan ini makannya cukup cepat dan dapat memakan apa saja. Pembuatan pakan sendiri akan menekan biaya pembelian pakan sehingga menjadi lebih irit.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Kecil, Begini Caranya!

4. Sanitasi air kolam

Sangat mudah untuk memelihara ikan mujair jika Anda memperhatikan sanitasi air, yaitu saluran keluar masuk air. Anda harus segera mengganti air yang sudah kotor dengan yang baru. Jangan sampai kolam kekurangan air, yaitu dengan cara selalu mengontrol banyaknya air yang masuk dan juga kebersihan airnya. Anda juga harus rutin membersihkan sisa-sisa makanan di dasar kolam beserta feses ikan agar kolam menjadi sehat.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui Kualitas Air Budidaya Perikanan

Langkah-langkah sederhana budidaya ikan mujair di kolam terpal di atas juga dapat Anda lakukan di halaman rumah Anda. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil panen ikan mujair juga dapat Anda jual. Selamat mencoba!

Sumber gambar : nas.er.usgs.gov

Tinggalkan Balasan