Beranda » Cara Membuat Pupuk Dari Nasi Basi Dengan Mudah

Cara Membuat Pupuk Dari Nasi Basi Dengan Mudah

cara membuat pupuk dari nasi basi

Pupuk merupakan kebutuhan pokok bagi para petani agar tanamannya tumbuh dengan baik dan berbuah dengan maksimal. Akan tetapi harga pupuk semakin hari semakin naik dan itu artinya akan menambah biaya pupuk oleh para petani. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Tani Millenial akan membahas cara membuat pupuk  dari nasi basi dengan mudah. Kami berharap, pembuatan pupuk dari sisa makanan sehari-hari ini menjadi salah satu alternatif anda.

Pupuk dari sisa nasi ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama pupuk mol (mikroorganisme lokal). Setelah jadi, pupuk ini akan berbentuk cair yang dapat Anda siramkan maupun Anda semprotkan. Kandungan hara pupuk basi ini juga lengkap, baik hara makro maupun hara mikro. Selain itu, pupuk jenis mol ini juga mengandung bakteri sebagai perombak bahan organik maupun pengendali hama dan penyakit.

Ada berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan pupuk dari nasi basi ini. Selain dapat memanfaatkan sisa makanan dengan lebih bermanfaat, Anda juga akan mendapatkan pupuk yang mendukung pertanian ramah lingkungan. Keanekaragaman biota dalam tanah akan lebih kaya serta kualitas tanah akan semakin meningkat. Akhirnya tanaman Anda akan tumbuh subur dan berbuah dengan optimal.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Cair Dari Tanaman Kacang-Kacangan

Bahan-bahan pembuatan pupuk dari nasi basi

Untuk membuat pupuk dari limbah rumah tangga ini Anda membutuhkan beberapa bahan tambah yang tentunya mudah Anda dapatkan. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  1. Nasi basi, secukupnya
  2. Air
  3. Gula pasir, 5 sendok makan

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Bokashi Jerami Mudah Dan Murah

Cara pembuatan pupuk

  1. Campur bahan-bahan tadi aduk hingga merata
  2. Kemudian kepal-kepal nasi basi sebesar bola pingpong
  3. Letakkan bola-bola nasi tersebut di dalam kardus. Kemudian tutup dengan dedaunan (misalnya daun pisang yang telah membusuk).
  4. Tiga hari kemudian, bola-bola nasi tersebut akan tumbuh jamur-jamur berwarna kuning, jingga dan merah.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Berbagai Bahan

Cara penggunaan pupuk dari nasi basi

Pupuk dari sisa makanan ini memiliki dua manfaat yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan tambah untuk pembuatan kompos maupun sebagai pupuk hayati. Berikut teknis penggunaan pupuk ini:

a. Sebagai bahan tambah untuk pengurai dalam pembuatan kompos

Campurkan pupuk mol nasi basi yang telah jadi dengan air, perbandinganya 1:5 liter air, kemudian tambahkan gula pasir 1 ons. Siramkan larutan tersebut pada bahan organik yang akan Anda jadikan pupuk kompos.

b. Sebagai pupuk hayati

Untuk menggunakan sebagai pupuk hayati, terlebih dahulu Anda membuat larutan seperti di atas tadi. Kemudian setiap larutan 400 cc (4 gelas) Anda campurkan dengan air 14 liter. Lantas Anda semprotkan pada tanaman Anda.

Baca Juga : 4 Bahan Pupuk Kompos Beserta Kandungan Haranya

Cukup mudah dan murah bukan? Dengan melihat manfaatnya yang begitu besar Anda tentunya harus mencobanya untuk tanaman Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber gambar cover : independent.co.uk

Tinggalkan Balasan