Beranda » Cara Membuat Pupuk Bokashi Jerami Mudah Dan Murah

Cara Membuat Pupuk Bokashi Jerami Mudah Dan Murah

cara membuat pupuk bokhasi jerami

Pupuk bokhasi merupakan salah satu jenis pupuk kompos yang pembuatannya dengan proses peragian atau fermentasi. Sedangkan proses fermentasi tersebut, Anda juga dapat menggunakan bantuan pupuk EM4 (Effective Microorganisme 4). Ada dua jenis pupuk bokashi, yakni bokashi jerami dan bokashi pupuk kandang. Kemudian cara membuat pupuk bokashi jerami ini terbilang mudah dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Dengan membuatnya Anda tentu akan mendapatkan kualitas pupuk organik yang baik serta menekan biaya pembelian pupuk.

Penggunaan bakteri pengurai EM4 tersebut merupakan cara membuat pupuk bokashi jerami dengan yang lebih cepat daripada cara konvensional. EM4 akan membantu mempercepat proses penguraian bahan kompos bokashi ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat bokashi dari bahan jerami, berikut langkah demi langkahnya:

Bahan-bahan pembuatan bokashi jerami

  1. Rajang jerami sebanyak 10 kg hingga berukuran sekitar 5 cm sampai 10 cm.
  2. Dedak sebanyak 1/2 kg.
  3. Sekam (kulit padi) sebanyak 10 kg.
  4. EM4 sebanyak 2 sendok makan (10 ml)
  5. Molase atau gula pasir sebanyak 2 sendok makan (10 ml)
  6. Air secukupnya.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Berbagai Bahan

Peralatan untuk membuat pupuk bokashi jerami

  1. Parang
  2. Sekop
  3. Karung goni/terpal
  4. Ember air

Baca Juga : 4 Bahan Pupuk Kompos Beserta Kandungan Haranya

Proses pembuatan

  1. Campurkan EM 4, molase/gula pasir, dan air dengan perbandingan 1ml : 1 ml : 1 ltr.
  2. Jerami, sekam, dan dedak dicampur sampai merata di lantai yang kering.
  3. Siram bahan yang sudah tercampur tersebut dengan EM4. Anda harus menyiramnya dengan perlahan dan bertahap hingga terbentuk adonan.
  4. Tanda adonan terbentuk dengan baik adalah jika Anda mengepal dengan tangan tidak akan mengeluarkan air. Dan jika Anda melepaskan kepalan, maka adonan akan kembali mengembang (kandungan air sekitar 30%).
  5. Tumpuk bahan yang telah Anda campur dengan ketinggian sekitar 15 sampai 20 cm. Kemudian tutup dengan karung goni/terpal selama 3 sampai 4 hari.
  6. Selama dala proses, pertahankan suhu antara 40ºC sampai 50ºC. Jika melebihi 50ºC maka bukalah penutup, kemudian aduk adonan dan tutup kembali.
  7. Setelah 4 hari Anda dapat membuka penutup. Pembuatan pupuk bokashi berhasil jika bahan pembuatnya terfermentasi dengan baik. Ciri-cirinya adalah tumbuh jamur berwarna putih dan bau aromanya sedap. Namun jika bau bokashi tersebut busuk maka pembuatannya gagal.

Baca Juga : 3 Jenis Pupuk Organik Yang Menjadi Pembenah Tanah

Catatan :

  • Bahan pembuatan bokashi yaitu jerami, sisa tanaman, rumput atau pupuk kandang dapat Anda gunakan ketika telah kering atau masih segar.
  • Sebaiknya Anda langsung menggunakan pupuk bokashi yang telah jadi. Jika Anda ingin menyimpanya maka haru Anda keringkan terlebih dahulu dengan mengangin-anginkan di lantai yang kering. Jika telah kering Anda dapat menyimpanya menggunakan kantung plastik.
  • Anda dapat mengganti penggunaan jerami dengan rumput, tanaman kacang-kacangan, atau bahan-bahan lainnya.

Cara penggunaan pupuk bokashi

Penggunaan pupuk bokashi sama dengan penggunaan pupuk kompos maupun pupuk organik padat lainnya. Pupuk bokashi sangat baik sebagai pupuk lanjutan pada lahan pertanian. Bokashi juga sesuai untuk Anda aplikasikan pada lahan sawah.

Baca Juga : 3 Jenis Pupuk Organik Yang Menjadi Pembenah Tanah

Sumber gambar : jioforme.com

Tinggalkan Balasan