Beranda » Cara Membuat Pestisida Nabati Bawang Merah Dengan Mudah

Cara Membuat Pestisida Nabati Bawang Merah Dengan Mudah

pestisida nabati bawang merah

Ada banyak kampanye pelarangan penggunaan pestisida kimia dengan sederet bahaya penggunaanya. Bahaya dalam penggunaan pestisida kimia ini memang tak bisa kita sepelekan. Dan sebagai solusinya adalah dengan penggunaan pestisida nabati atau pestisida organik. Pestisida jenis ini ternyata banyak tersedia di sekitar kita. Sebagai contoh adalah apa yang akan kita bahas kali ini, pestisida nabati bawang merah yang bahannya akan mudah kita dapatkan.

Seperti yang kita ketahui, bawang merah merupakan tanaman semusim yang tidak berbatang. Seluruh bagian tanamannya dapat kita gunakan untuk berbagai macam kegunaan. Bawang merah ini memiliki berbagai khasiat yang ampuh untuk berbagai hal, khasiatnya untuk kesehatan sudah saya bahas disini. Untuk kesehatan, bawang merah dapat Anda gunakan sebagai obat demam pada anak, perut kembung,muntah-muntah, masuk angin, dan sebagainya.

Sedangkan untuk bidang pertanian, tanaman ini dapat menjadi bahan pembuatan pestisida nabati atau pestisida organik. Pestisida tersebut ampuh untuk mengatasi kutu kebul, tungau, semut, thrips, alternara, antraknos, fusarium, dan busuk daunCara pembuatannya pun mudah dan dapat Anda praktekan di rumah.

Klasifikasi Kandungan bawang merah

Bawang merah mengandung berbagai zat yang dengan sederet manfaat di belakangnya. Tanaman ini merupakan tanaman herba yang berumbi lapis merah keputih-putihan.  Bawang merah memiliki nama latim Allium cepa L. Var. aggregatum.  Tamanan bawang merah merupakan tanaman yang berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan yang berada di sebelah utaranya.

Kandungan kimia bawang merah adalah minyak atsiri, sikloalin, metilaliin, dihidroaliin, lavonglikosida, saponin, peptida, fitohormon, kuersetin, dan sebagainya.

Baca Juga : 10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Cara pembuatan pestisida nabati bawang merah

Metode pembuatan pestisida nabati dari bawang merah ini dibedakan menjadi 3 metode sesuai dengan hama dan penyakit sasaran. Berikut detil cara pembuatan dan cara penggunaanya :

1. Pestisida nabati bawang merah untuk kutu kebul

Bahan dan alat :

  1. Bawang merah 85 gr
  2. Minyak sayur 50 ml
  3. Detergen/sabun 10 ml
  4. Air 950 ml
  5. Alat penyaring
  6. Botol

Cara pembuatan :

Haluskan bawang merah dengan blender atau alat lainnya. Campurkan bawang merah dengan minyak sayur. Biarkan selama 24 jam. Kemudian tambahkan air dengan sabun dan aduk hingga merata. Simpan dalam botol.

Cara penggunaan :

Campurkan larutan dengan air dengan perbandingan 1 : 19 atau 50 ml larutan dengan 950 ml air. Kocok sebelum Anda gunakan. Semprotkan pada seluruh bagian tanaman yang terserang kutu kebul.

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Merah Dari Biji Sampai Panen

2. Cara membuat pestisida nabati untuk semut, tungau dan thrips

Alat dan bahan :

  1. 1 kg bawang merah
  2. 1 liter air
  3. Panci
  4. Ember
  5. Alat penyaring

Cara pembuatan :

Haluskan bawang merah dengan blender atau alat lainnya. Kemudian masukan kedalam air mendidih. Biarkan selama 24 jam, saring dan simpan dalam wadah tertutup (dirigen/wadah lain).

Cara penggunaan :

Campurkan 1 liter larutan bawang merah dengan 10 liter air atau perbandingannya. Kemudian semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang pada pagi atau sore hari.

3. Cara membuat pestisida alami untuk Altenaria, Antraknos, Fusarium, dan busuk daun

Bahan dan Alat :

  1. Bawang merah 50 gr
  2. Air 1 liter
  3. Ember
  4. Alat penyaring

Cara pembuatan :

Haluskan bawang merah kemudian campurkan dengan air. Aduk hingga rata, kemudian saring dan simpan dalam wadah tertutup.

Cara penggunaan :

Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang pada pagi atau sore hari.

Baca Juga : 4 Cara Membasmi Kutu Daun Untuk Berbagai Tanaman

Itulah 3 cara pembuatan pestisida organik dari bahan bawang merah yang tentunya akan mudah untuk Anda coba. Penggunaan pestisida alami tersebut tentunya akan membuat penanganan hama dan penyakit tanaman Anda dapat secara alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber gambar cover : harvesttotable.com

Tinggalkan Balasan