Beranda » Cara Budidaya Ikan Lele Di Ember Bersama Kangkung

Cara Budidaya Ikan Lele Di Ember Bersama Kangkung

budidaya ikan lele di ember

Keterbatasan lahan menjadi masalah pokok dalam berbagai budidaya ikan, termasuk ikan lele. Pada umumnya budidaya ikan membutuhkan kolam yang luas agar ikan dapat berkembang dengan baik. Namun dengan bertambahnya berbagai inovasi baru maka persoalan lahan tersebut sedikit teratasi. Kemudian budidaya ikan lele di ember atau “Budikamber” saat ini menjadi trend baru yang menjadi salah satu solusi keterbatasan lahan.

Budikamber atau budidaya ikan lele di ember secara skala budidaya memang sangat kecil. Budidaya lele sistem ini lebih cocok sebagai cadangan protein keluarga dengan skalanya yang kecil. Anda dapat menerapkannya untuk mengurangi biaya belanja dapur dan menghemat anggaran rumah tangga.

Inovasi lain dapat Anda tambahkan dalam metode budidaya ini. Untuk memanfaatkan media dengan maksimal Anda juga dapat menambahkan tanaman kangkung yang dapat hidup dalam media air. Kangkung tersebut akan menyuplai kebutuhan sayuran keluarga Anda dengan jangka waktu panen yang cukup pendek.

Baca Juga : Budidaya lele di kolam terpal, Begini Caranya Yang Benar!

Mengapa ikan lele dan bukan ikan lain?

Ada banyak jenis ikan yang baik sebagai penambah protein dan dapat Anda budidayakan secara mandiri. Namun, ikan lele merupakan jenis ikan yang paling mudah untuk Anda pelihara. Selain itu, ikan lele merupakan ikan yang dapat Anda olah menjadi berbagai jenis olahan masakan.

Dengan memilih jenis ikan lele, Anda juga dapat menghemat air. Jenis ikan ini tidak membutuhkan air yang mengalir, meski Anda juga perlu untuk mengganti air budidaya. Berbeda dengan jenis ikan lain yang membutuhkan air yang mengalir yang tentunya membutuhkan banyak air.

Ikan lele juga dapat Anda pelihara dengan sistem tebar padat atau bioflog. Dengan cara ini Anda dapat memelihara 1 ekor lele dengan 1 liter air. Artinya jika Anda menggunakan media ember 50 liter, Anda dapat memelihara 50 ekor lele.

Namun begitu, dengan metode bioflog atau tebar padat ini Anda membutuhkan bahan tambah untuk menjaga kualitas air dan pakan lele. Bahan tambah tersebut bernama “probiotik” yang kini telah banyak tersedia di toko pertanian terdekat Anda.

Baca Juga : Panduan Cara Pembibitan Ikan Lele Yang Tepat

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk budidaya ikan lele dan kangkung di ember?

Untuk melakukan metode ini Anda harus mempersiapkan perlengkapan budidaya ikan lele dan budidaya kangkung. Berikut perlengkapan yang harus Anda siapkan:

Persiapan budidaya ikan lele

  1. Ember ukuran 70 liter atau menyesuaikan
  2. Bibit ikan lele
  3. Probiotik untuk kualitas air
  4. Kran air
  5. Lem pralon

Persiapan budidaya kangkung

  1. Gelas plastik (bisa bekas gelas air mineral)
  2. Kawat
  3. Arang kayu
  4. Bibit kangkung

Persiapan alat

  1. Mesin bor dan mata bor
  2. Tang

Baca Juga : Panduan Cara Pembibitan Ikan Lele Yang Tepat

Bagaimana langkah-langkah budidaya ikan lele dan kangkung di ember?

budidaya lele dengan kangkung

Persiapan kolam ikan lele

  1. Buatlah lubang pada bagian bawah samping ember untuk tempat kran air. Fungsi kran tersebut nantinya sebagai sistem pembuangan air. Itu karena Anda perlu mengganti air budidaya setidaknya seminggu sekali. Penggantian tersebut tidak seluruh air namun sebagian saja. Dengan menggunakan kran pada dasar ember, kotoran di dasar ember pun akan ikut terbuang.
  2. Kemudian isilah ember dengana air. Pengisian air tidak sampai penuh, namun sisakan 10-15 cm atau mengukur gelas plastik yang nantinya akan Anda gunakan.
  3. Setelah itu, aplikasikan probiotik untuk air budidaya. Dosis dan caranya sesuai dengan petunjuk pada probiotik yang Anda beli.
  4. Kemudian diamkan dalam beberapa hari agar probiotik bekerja hingga air matang terlebih dahulu.
  5. Air yang baik utuk budidaya ikan lele berwarna hijau namun tidak berbau. Warna air tersebut merupakan plankton yang nantinya juga menjadi pakan ikan lele.

Persiapan media tanam kangkung

  1. Buatlah lubang kecil-kecil pada bagian gelas plastik yang nantinya sebagai media tanam kangkung.
  2. Anda juga harus membuat lubang untuk mengikat gelas plastik dengan ember.
  3. Setelah selesai kemudian rangkailah gelas plastik tersebut dengan ember.
  4. Masukan arang kayu kedalam gelas plastik secukupnya sebagai media menanam kangkung.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gabus? Begini Caranya Agar Sukses!

Apa pakan ikan lele?

Pakan alami ikan lele adalah plankton yang tersedia di air. Probiotik khusus air biasanya berfungsi untuk memperbanyak plankton dan menjaga kualitas air. Sebenarnya Anda dapat memperkaya plankton dengan menambahkan pupuk kandang. Akan tetapi karena sistem budidaya Anda berdampingan dengan pemukiman akan lebih tepat jika menggunakan probiotik.

Selain plankton Anda juga harus menyediakan pakan lain agar pertumban lele lebih baik. Anda dapat memberinya pelet yang sesuai. Kemudian Anda juga dapat menambahkan pakan dari sisa makanan atau dedaunan.

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Kecil, Begini Caranya!

Kapan panen ikan lele dan kangkung?

Panen ikan lele dapat Anda lakukan sekitar 1,5-2 bulan dengan ukuran bibit awal 5-7 sampai 12-14. Waktu pemanenan lele tentu juga tergantung dari cara perawatan yang Anda lakukan.

Sedangkan untuk kangkung dapat Anda panen setiap 2-3 minggu sekali. Jumlah panen tiap waktu pemanenan akan berbeda. Panen kangkung akan meningkat hingga 3-4 bulan, setelah itu Anda harus mengganti bibitnya kembali.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Nila Di Kolam Terpal Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan