Beranda » Canggih! Robot Pembasmi Gulma Ini Mampu Menyiangi Gulma 20 Ha/Hari

Canggih! Robot Pembasmi Gulma Ini Mampu Menyiangi Gulma 20 Ha/Hari

Robot pembasmi gulma

Anda mungkin membasmi gulma dengan mencabuti satu-persatu, menggunakan pemotong rumput, menggunakan herbisida atau membakarnya. Cara-cara tersebut memang umum dan lazim untuk teknis pengendalian gulma di negara kita. Namun, di Amerika Serikat kini telah berkembang robot pembasmi gulma yang mampu menyiangi gulma berkali lipat lebih cepat dari manusia.

Gulma merupakan tanaman pengganggu yang berebut nutrisi dengan tanaman. Jika Anda tidak membersihkannya secara rutin, pertumbuhan tanaman tidak akan maksimal. Nutrisi yang seharusnya untuk tanaman, menjadi terbagi karena keberadaan gulma. Kadang pertumbuhan gulma menjadi lebih subur daripada tanaman Anda.

Pembersihan secara manual merupakan cara paling mudah dan paling aman. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan tentu sangat lama. Jika lahan Anda luas maka akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Yang artinya biaya untuk pembersihan gulma juga besar.

Penggunaan herbisida mungkin menjadi solusi pembersihan gulma yang lebih cepat. Akan tetapi cara ini juga memiliki resiko tinggi jika mengenai tanaman Anda. Selain itu, penggunaan herbisida juga akan mencemari lingkungan serta menambah zat berbahaya untuk hasil panen.

Cara lain adalah penggunaan mesin pemotong rumput. Meski lebih ama dengan tidak meninggalkan zat kimia, akan tetapi kebisingan mungkin menjadi persoalan lain. Selain itu, cara ini memiliki resiko jika tanaman terkena maka akan berakibat fatal.

Atas dasar masalah semacam itulah sebuah perusahaan di Amerika Serikat, Carbon Robotics, mengembangkan robot pembasmi gulma tersebut. Tujuan utamannya adalah pembasmian gulma yang ramah lingkungan, cepat, dan efisien.

Baca Juga: Super Canggih! Inilah 5 Teknologi Pertanian Jepang

Robot pembasmi gulma ini menggunakan teknologi komputer, AI, dan Laser

Mengutip artikel freethink.comrobot pembasmi gulma ini memiliki teknologi canggih yang terbarukan. Robot ini dilengkapi dengan perlengkapan komputer yang didukung AI (Artifical Intelegent) untuk mengidentifikasi dan mengenali gulma. Kemudian laser karbondioksida robot tersebut akan memusnahakan gulma dengan cepat.

Kecepatan robot ini mencapai 20 kali lipat dari pekerjaan manual oleh manusia. Ia mampu menyiangi 100.000 gulma dalam satu jam. Dalam satu hari mampu menyiangi 15 hingga 20 hektar lahan.

Harga robot ini tentu saja sangat mahal. Paul Mikessel CEO Carbon Robotics mengatakan jika harga robot tersebut hingga ratusan ribu dolar. Dengan begitu mahalnya harga robot tersebut, maka perusahaan juga memberikan opsi penyewaan.

Baca Juga: Inilah Pertanian Modern Dalam Ruangan Terbesar Di Dunia

Robot serupa juga berkembang di Inggris

Robot pertanian

Sumber gambar : theguardian.com

Rupanya tidak hanya di Amerika Serikat saja teknologi pembasmi gulma tersebut berkembang. Di negara maju lainya, Inggris, robot serupa juga dikembangkan sebagai inovasi baru dalam dunia pertanian.

Theguardian.com mengabarkan sebuah ujicoba robot cerdas pembasmi gulma di sebuah lapangan di Hampshire. Robor tersebut diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama Small Robot Company (SRC) dan mendapat dukungan dari Tesla.

Robot ini memiliki teknologi yang hampir sama, yakni penggunaan AI dan sinar laser. Dengan teknologi AI tersebut, robot canggih ini mampu membedakan berbagai jenis gulma. Menurut mereka, tidak semua gulma harus dimusnahkan, sebab sebagian gulma memiliki berbagai peran penting untuk tanah.

Baca Juga: China Kembangkan Kapal Budidaya Ikan Terbesar Dunia

Bagaimana dengan teknologi pembasmi gulma di Indonesia?

Pengadaan teknologi robot canggih seperti di kedua negara maju tersebut tentu membutuhkan biaya yang super besar. Harga setiap robot akan bernilai ratusan juta bahkan sampai nilai milyar. Dengan berbagai latar belakang pertanian yang ada, sepertinya teknologi tersebut belum cocok di Indonesia.

Inovasi semacam itu tentu saja kita butuhkan untuk lebih memajukan dunia pertanian di Indonesia. Kita telah mendengar banyak berita di media mengenai bakat-bakat anak bangsa dalam dunia penciptaan robot ini. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti negara kita juga mampu menciptakan teknologi serupa.

Tinggalkan Balasan