Beranda » Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Kecil, Begini Caranya!

Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Kecil, Begini Caranya!

budidaya ikan gurami di kolam kecil

Anda pasti pernah merasakan ikan gurame? Selain rasa dagingnya yang empuk, Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai aneka masakan. Akan tetapi, harga ikan ini cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda mencoba budidaya ikan gurame di kolam kecil. Itu agar Anda tidak terbebani oleh harganya yang mahal dan dapat mengkonsumsinya sendiri.

Berikut ini tips cara budidaya ikan gurame di kolam kecil:

1. Menyiapkan lahan kolam kecil untuk budidaya ikan gurame

Anda dapat menggunakan media terpal untuk membudidayakan ikan gurami dengan kolam kecil ini. Ukurannya menyesuaikan dengan lahan yang Anda miliki, misalnya ukuran 6 x10 meter dengan kedalaman 1 meter. Jangan lupa juga merancang saluran untuk memasukkan air bersih dan untuk membuangnya ketika sudah kotor. Pada bagian pinggiran terpal beri pemberat seperti batu bata agar terpal dapat kuat tidak mudah bergeser-geser.

Jemur calon kolam terlebih dahulu sebelum mengisinya dengan air. Kemudian taburkan garam gasak yang nantinya dapat mencegah timbulnya jamur. Jika Anda menggunakan tanah untuk dilapisi terpal, maka Anda perlu menggemburkan tanah terlebih dahulu.

2. Penebaran benih ikan gurame

Tahap budidaya ikan gurami selanjutnya adalah penebaran benih ikan gurami. Bibit ikan ini dapat Anda peroleh pada peternak ikan atau pedagang yang menjual bibit-bibit ikan. Pilihlah bibit yang unggul. Taburkan bibit Ikan gurami yang umumnya berukuran 5 cm.

Anda perlu menyiapkan air untuk kolam ke dalam satu ember terlebih dahulu. Kemudian masukkan benih pada ember berisi air tersebut selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan sebagai langkah agar bibit ikan gurami beradaptasi dengan kondisi air kolam. Setelah bibit beradaptasi pada air kolam yang ada di ember, selanjutnya menabur bibit-bibit tersebut pada kolam yang sudah Anda siapkan.

3. Perawatan ikan gurami

Untuk merawat ikan gurami, Anda harus mengganti air ketika sudah saatnya tiba agar ikan-ikan tidak keracunan. Anda juga harus memperhatikan masalah pakan ikan gurami, yaitu jika Anda menggunakan pakan alami, Anda dapat menggunakan daun kangkung dan daun keladi. Selain pakan alami, ada juga pakan apung yang dapat dengan membeli dalam jumlah kiloan atau sak. Setelah itu, Anda dapat sewaktu-waktu memanen ikan gurami tersebut jika ingin membuatnya menjadi santapan lezat keluarga atau menunggu sudah banyak yang besar-besar untuk menjualnya.

Selanjutnya untuk memaksimalkan pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan Gurame, anda dapat memberikan suplemen tambahan. Hal itu juga agar ikan gureme tidak mudah terserang penyaki. Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin dan mineral lengkap serta beberapa protein.

4. Menjaga kualitas Air budidaya ikan gurame

Untuk menjaga kualitas air agar ikan gurami tidak mudah terserang penyakit anda dapat menambahkan pupuk kolam. Atau Anda juga dapat menggunakan pupuk organik. Hal tersebut juga bertujuan untuk menjaga pakan alami ikan gurame agar selalu tersedia.

Budidaya ikan gurame di kolam kecil ini adalah langkah awal sebelum Anda mempunyai kolam yang lebih besar. Siapa tahu jika sukses di kolam kecil, Anda dapat mengembangkan di kolam besar. Kemudian budidaya ikan gurame ini dapat sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Baca Juga: Budidaya lele di kolam terpal, Begini Caranya Yang Benar!

Cara Mudah Mengetahui Kualitas Air Budidaya Perikanan

Tinggalkan Balasan