Beranda » Aplikasi Android Canggih Ini Khusus Budidaya Perikanan

Aplikasi Android Canggih Ini Khusus Budidaya Perikanan

aplikasi android canggih

Umitron sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura dan Jepang baru-baru ini merilis sebuah aplikasi android canggih. Dan aplikasi tersebut khusus untuk anda para petani budidaya perikanan. Sedangkan nama aplikasi tersebut adalah Pulse, yang dapat anda coba dari ponsel android. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat penting bagi anda yang menekuni budidaya perikanan atau akuakultur lainnya.

Dalam pembuatan aplikasi ini Umitron mengkombinasikan teknologi Iot, satelit dan kecerdasan buatan. Dengan aplikasi tersebut, Umitron ingin memudahkan para pembudidaya perikanan mendapatkan berbagai data penting perairan. Mereka ingin agar para petani mengetahui data terupdate kualitas air seperti suhu, salinitas, kandungan oksigen, klorofil dan tinggi gelombang.

Para pembudidaya sebelumnya mengalami kesulitan dalam mengetahui data terupdate kualitas air tersebut. Namun dengan dengan pengamatan dari lusinan satelit yang menjangkau berbagai wilayah di dunia, data tersebut sekarang akan mudah dengan mengakses aplikasi Pulse tersebut.

Aplikasi android canggih untuk melihat data air tanpa menyelam

Aplikasi android canggih Pulse ini akan membuat para petani melihat di bawah permukaan air tanpa harus terjun ke dalamnya. Hanya cukup dengan mengakses data dari aplikasi saja. Kemudian para petani tersebut telah mengetahui dan memahami apa yang terjadi di bawah permukaan air. Data-data tersebut kemudian dapat menjadi sarana untuk membuat suatu keputusan yang tepat dan mengetahui resiko apa saja yang akan terjadi.

Salah satu yang menjadi harapan Umitron untuk para petani perairan adalah efisiensi pertanian, mengelola resiko lingkungan dan mampu untuk meningkatkan penghasilan. Mereka bertujuan untuk memanfaatkan model komputerisasi dalam pengelolaan akuakultur. Hal itu untuk menunjang agar penyediaan protein dari ikan juga dapat berkelanjutan dan selaras dengan alam.

Mari kita manfaatkan teknologi ini

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebutuhan protein yang berasal dari perikanan ini memang satu hal yang takkan pernah hilang di dunia. Dengan meningkatnya populasi manusia, maka kebutuhan protein dari ikan tersebut juga akan meningkat. Maka, budidaya perikanan pun menjadi satu hal yang akan terus berjalan.

Namun karena tuntutan zaman juga maka teknologi semacam ini harus mulai kita kenal agar tidak tergusur oleh perkembangan zaman. Dengan memanfaatkannya sebaik-baiknya, teknologi juga akan membantu kita dalam mencapai tujuan yang lebih baik. Semoga bermanfaat, Salam Tani.

Baca juga : 5 Teknologi Canggih Pertanian ini Dipakai Petani Jepang

Sumber : foodandfarmingtechnology.comumitron.com

Tinggalkan Balasan