Beranda » 5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Tanaman Hias Yang Jarang Diketahui

Tanaman hias merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai penambah keindahan sebagai suatu daya tarik pada suatu tempat atau obyek. Dan tanaman tersebut bisa dinikmati keindahannya secara visual. Dan tanaman ini bisa ditanam baik di dalam maupun diluar ruangan. Meski memiliki manfaat utama sebagai penghias, namun tanaman hias juga memiliki segudang manfaat lain yang tak kalah menarik.

Budidaya tanaman hias merupakan salah satu bagian dari budidaya holtikultura. Yakni, sebuah ilmu budidaya yang mempelajari mengenai budidaya tanaman buah-buahan, sayuran, tanaman hias, dan obat-obatan. Sedangkan untuk budidaya tanaman hias ini memiliki cabang tersendiri, yakni Florikultur.

Kemudian, apa saja manfaat-manfaat tanaman hias tersebut? Simak ulasan Tani Millenial berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut:

1. Sebagai penghias ruangan dan penyejuk jiwa

Setiap orang pada dasarnya memiliki persepsi yang berbeda mengenai keindahan. Namun dengan adanya tanaman hias, lingkungan selalu akan terlihat lebih menarik. Dengan kondisi tersebut , lingkungan akan lebih nyaman, indah dan harmonis.

Setiap manusia yang berada di tempat tersebut akan mendapatkan kepuasan batin. Ia akan merasa begitu nyaman dan hilang segala kepenatan, keruwetan, serta kelelahan batin. Itu artinya, keberadaan tanaman hias tersebut tidak hanya berdampak secara visual, namun juga berdampak ke jiwa manusia.

2. Sebagai pelestari lingkungan dan untuk mengurangi polusi udara

Setiap tanaman, termasuk tanaman hias akan mengeluarkan Oksigen (O2) yang sangat diperlukan oleh manusia. Selain itu, tanaman tersebut juga akan menyerap karbon dioksida (CO2) yang berbahaya bagi manusia atau makhluk hidup lain. Hal tersebut kemudian akan memberikan manusia udara yang bersih dan berperan sebagai paru-paru lingkungan.

Sebagai timbal baliknya, maka dengan menanam tanaman tersebut kita sebagai manusia secara otomatis tetap menjaga spesies tanaman tersebut. Ia akan tetap ada dan lestari ketika kita merawatnya. Dan jika semakin banyak, maka tanaman tersebut akan jauh dari kepunahan.

3. Sebagai pelengkap keperluan adat

Pada daerah-daerah tertentu, tanaman hias ini kadang menjadi salah satu perlengkapan untuk acara adat. Masyarakat menggunakan tanaman hias dengan jenis bunga-bungaan, seperti bunga mawar, bunga melati, bunga kantil, dan lain-lain.

Acara adat yang menggunakannya pun bermacam-macam. Dari kegiatan pernikahan, upacara tertentu atau pemakaman orang meninggal. Dan setiap daerah di Indonesia, memiliki karakter-karakter tersendiri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

4. Untuk memberikan nilai tambah secara ekonomi

toko tanaman

Sumber: timeout.com

Saat ini budidaya tanaman hias telah menjadi trend kekinian. Sedangkan, banyak jenis tanaman hias yang terbilang langka dan sulit untuk dicari. Selain itu, tidak semua orang mampu mengembangkannya dengan baik.

Hal semacam itu tentu menjadi peluang bagi mereka yang kreatif dan memiliki kemampuan untuk membudidayakannya. Selain dalam wujud tanaman, peluang tambahan ekonomi juga ada dalam penyediaan perlengkapan tanaman hias. Kita bisa menjadi penyedia pot, pupuk, atau sarana-sarana lainnya. Hal tersebut sebenarnya merupakan potensi ekonomi yang cukup besar.

5. Sebagai pemasok kebutuhan bahan baku industri

Saat ini banyak yang memanfaatkan hasil dari tanaman hias ini menjadi bahan industri dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Dengan kondisi tersebut, maka budidaya tanaman hias tersebut memiliki nilai ekonomi lain, yakni sebagai pemasok bahan baku industri. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan jika kita mengembangkannya dalam skala budidaya yang lebih besar.

Nah, itulah lima manfaat menanam tanaman hias baik. Meski awalnya hanya sekedar hobi saja, namun jika kita tekun ternyata akan memberikan manfaat lainnya. Nah, anda tertarik untuk mengembangkannya juga?

Tinggalkan Balasan