Beranda » 4 Cara Membasmi Kutu Daun Untuk Berbagai Tanaman

4 Cara Membasmi Kutu Daun Untuk Berbagai Tanaman

cara membasmi kutu daun

Kutu daun merupakan serangga kecil yang hidup pada tanaman hias, pohon buah-buahan, sayuran, dll. Terdapat hampir 4.000 spesies kutu daun. Kutu daun memiliki tubuh lunak dengan panjang sekitar 3 mm. Warna tubuh kutu daun bervariasi dari coklat, merah, hitam, hijau, atau kuning tergantung pada spesiesnya. Serangga ini merupakan salah satu hama yang sangat merugikan petani. Oleh karena itu petani harus menggunakan cara membasmi kutu daun ini dengan tepat.

Serangga ini makan dengan mengisap getah tanaman terutama pada tunas yang baru tumbuh. Hama ini umumnya ditemukan di bawah daun, bahkan pada akar. Serangan kutu daun mengakibatkan daun menggulung, layu, serta menghambat pertumbuhan tanaman. Jika cara membasmi hama ini kurang tepat, maka petani akan merugi dan mungkin gagal panen.

Cara Mengendalikan Kutu Daun

Kutu daun dapat dikendalikan dengan atau tanpa menggunakan bahan kimia. Beberapa metode yang dapat digunakan untuk membasmi kutu daun adalah, sebagai berikut:

1. Menyemprot tanaman dengan air untuk mengusir kutu daun

Cara paling sederhana membasmi kutu daun adalah dengan menyemprot tanaman menggunakan air. Jika Anda memiliki tanaman dalam pot, dan meletakannya di dalam rumah. Maka bawa keluar pot kemudian semprot tanaman dengan air. Semprot setiap hari hingga tanaman terbebas dari kutu daun.

2. Membasmi kutu daun dengan menggunakan ramuan alami

Anda dapat membuat semprotan cabe untuk mengendalikan kutu daun. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 3- 4 cabai, beberapa siung bawang putih, dan satu liter air. Caranya adalah masukkan semua bahan ke dalam blender untuk menghaluskan bahan-bahan tersebut. Setelah halus, larutkan ke dalam air, kemudian semprotkan ke tanaman yang terserang kutu daun.

3. Menggunakan predator atau musuh alami

Gunakan predator alami untuk mengendalikan kutu daun. Kepik merupakan salah satu predator alami bagi hama ini. Kepik dewasa dapat makan hingga 1000 kutu daun dalam satu hari. Untuk mengatasi kutu daun, lepaskan kepik pada malam hari setelah menyiram tanaman terlebih dahulu. Cara ini umumnya mampu bekerja dengan baik, bahkan pada tanaman yang terserang parah sekalipun.

4. Menggunakan pestisida kimia sebagai alternatif terakhir

Jika semua cara sudah tidak mampu lagi mencegah dan membasmi maka alternatif terakhir dengan menggunakan pestisida Kimia. Kutu daun juga bisa dibasmi menggunakan insektisida. Caranya adalah campur satu sendok teh insektisida dengan satu liter air. Masukkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada bagian yang terserang kutu daun. Untuk membasmi kutu daun yang menyerang akar, cabut dahulu tanaman dan rendam dalam larutan insektisida selama 2-3 menit. Setelah itu, tanaman bisa ditanam kembali. Pastikan tidak menyiram tanaman terlalu banyak selama seminggu ke depan untuk memastikan insektisida pada akar tidak hilang.

Kini Anda bisa memilih salah satu dari keepat cara membasmi kutu daun. Dengan cara-cara tersebut Anda tidak akan khawatir lagi dengan kutu daun yang menyerang tanaman Anda. Semoga bermanfaat, salam tani.

Baca Juga: 6 Hama Dan Penyakit Cabe Yang Sering Merugikan Petani

Tinggalkan Balasan