Beranda » 17 Penyakit Kelinci Dan Cara Pencegahannya

17 Penyakit Kelinci Dan Cara Pencegahannya

penyakit kelinci dan cara pencegahannya

Jika Anda memelihara atau beternak kelinci, Anda harus mengetahui beberapa penyakit yang dapat menyerang kelinci. Penyakit pada kelinci biasanya disebabkan karena kondisi kandang yang kurang bersih, nutrisi pakan yang tidak seimbang, volume pakan yang kurang, air minum yang kotor, tertular oleh kelinci lain, perubahan cuaca, dan ketidaktahuan mengenai penyakit pada kelinci. Berikut beberapa jenis penyakit kelinci dan cara pencegahannya, simak ulasanya!

1. Penyakit kudis (scabies) pada kelinci

Penyebab kudis ini adalah kutu Sarcoptis Scabiei yang menimbulkan gatal-gatal di kepala, kaki, hidung, bahkan bisa ke seluruh tubuh. Dan cara pencegahannya adalah dengan meningkatkan kebersihan kandang. Sedangkan cara pengobatannya adalah dengan cara menyuntik IVOMEX atau obat yang mengandung ivermextin dengan dosis 1 ml/20 kg berat tubuh.

2. Penyakit perut kembung pada kelinci

Penyebab perut bengkak adalah karena salah makan atau masuk angin. Dan cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan minyak adas. Selain itu dapat dengan memberi kelinci air minum dengan campuran minyak adas dan minyak kelapa, dengan perbandingan 1:4.

Kemudian cara pencegahan sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak angin atau minyak adas pada bagian perutnya. Namun, jika dengan cara mengoleskan pada bagian perut belum sembuh, bisa dilakukan dengan cara memberikan minuman dengan campuran minyak adas dan minyak kelapa dengan perbandingan 1 minyak adas dengan 4 bagian minyak kelapa.

3. Penyakit mencret atau diare dan cara pencegahannya

Penyebab mencret adalah makanan yang kotor dan busuk. Dan cara pencegahannya adalah dengan menggunakan pakan buatan yang ada kandungan antibiotik alami (arang aktif). Sedangkan cara pengobatannya dengan memberi air kaldu sesudah 30 menit, dan memberi trisulpa dengan dosis ½ tablet atau menyuntik antibiotik.

4. Penyakit pilek

Penyebab utama pilek adalah bakteri atau virus, kandang yang kotor, dan kurang mendapat sinar matahari. Dan cara pengobatannya adalah dengan menyemprotkan larutan antiseptik pada hidung yang penuh ingus, kemudian mengobatinya dengan antiobiotik.

5. Penyakit kokkidiosis pada kelinci dan cara mencegahnya

Penyebab penyakit ini adalah kuman parasit yang menyerang usus atau hati kelinci. Gejalanya seperti kurang nafsu makan, badan kurus, dan lemes. Sedangkan cara mengobatinya dengan obat yang mengandung Sulfa.

6. Penyakit pasteurellosis

Penyebab penyakit ini adalah kuman Pasteurella multicida yang menyerang sistem pencernaan. Dan cara mencegah penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan kandang.

7. Kelinci suka memakan bulu

Kelinci yang kekurangan gizi cenderung akan memakan bulunya sendiri dan bulu temannya. Pastikan Anda selalu memberi pakan yang bergizi.

8. Kelinci cacingan (pinworm)

Cacing kecil yang hidup di usus menjadi penyebab utama penyakit ini. Cacing tersebut bisa masuk karena terbawa makanan. Dan cara pengobatannya adalah dengan memberi obat cacing secara teratur.

9. Penyakit Favus

Penyebab penyakit ini adalah jamur yang menginfeksi kulit kelinci. Cara pengobatan dengan mencuci bagian kulit yang terinfeksi, lalu berikan salep belerang (scabid cream).

10. Penyakit kanker telinga pada kelinci

Penyebab kanker telinga karena adanya kutu di permukaan kulit telinga sebelah dalam. Dan ciri-cirinya, kelinci sering menggosok-gosokan daun telinganya. Cara pengobatan penyakit ini dengan menggunakan obat oles pembasmi kutu dengan mengoleskan pada bagian telinga yang terinfeksi.

11. Penyakit Radang Paru (pneumonia)

Penyebabnya penyakit ini adalah adanya kuman Pasteurella multocida. Cara pengobatannya adalah dengan menyuntikan penisilin Sulfa Strong.

12. Penyakit kelinci Sembelit dan cara pencegahannya

Penyebab sembelit karena pakan yang diberikan kekurangan air. Cara pengobatannya adalah dengan memberi air minum dan pakan hijau segar yang masih mengandung air.

13. Penyakit Radang Mata

Penyebab radang ini biasanya karena infeksi akibat terkena benda tajam, terkena debu, asap, kotoran, dan kekurangan vitamin A. Cara pengobatannya dengan menggunakan obat tetes yang mengandung antibiotik seperti salep Chloramphenicol.

14. Penyakit kelinci Kaki Bengkok dan cara pencegahannya

Penyebab penyakit ini karena kelinci kekurangan vitamin D, terutama pada masa pertumbuhannya. Lalu untuk mencegahnya Anda harus memberi pakan yang mengandung asupan gizi protein yang cukup.

15. Kelinci suka kanibal dengan memakan anakannya

Kurangnya pakan dan air minum juga bisa membuat kelinci menjadi kanibal. Kemudian mereka akan memakan daging kelinci lain sampai akhirnya ada yang mati. Selanjutnya untuk cara pencegahannya adalah dengan memberi asupan pakan yang teratur dan bergizi.

16. Penyakit Enteritis Kompleks

Penyakit ini merupakan penyakit pencernaan dengan penyebab utamanya karena kesalahan memberi makanan atau pakannya telah terkontaminasi. Sedangkan cara pencegahannya adalah dengan memberi pakan yang bersih dan menggantinya secara teratur. Kemudian untuk cara pengobatannya adalah dengan memberi air minum yang dicampur antibiotik.

17. Penyakit kelinci Young Doe Syndrome dan cara pencegahannya

Biasanya terjadi pada kelinci betina yang sedang menyusui. Dan penyebab utama penyakit ini adalah mastitis yang menyebabkan pembengkakkan pada puting susu. Sedangkan cara pengobatannya dengan mengisolasi dan menyuntikan penisilin, Oxylin, atau Sulfa Strong.

Kemudian cara paling efektif untuk mencegah timbulnya beragam penyakit pada kelinci, yaitu dengan merawat kelinci dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang, termasuk kebersihan kandang, tempat minum, dan tempat pakan. Berikut beberapa hal penting lain yang harus anda lakukan untuk mencegah berbagai penyakit kelinci tersebut:

  1. Menjaga sanitasi kandang.
  2. Kandang jangan terlalu padat di isi kelinci.
  3. Selalu gunakan pakan yang bersih, bergizi, dan berkualitas tinggi.
  4. Kandang mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  5. Ada sinar matahari yang masuk ke dalam kandang.
  6. Peralatan kandang harus selalu dalam keadaan kering dan bersih.
  7. Jangan terlalu sering memegang kelinci ternak, pakan, air minum, dan peralatan kandang.

Itulah 17 jenis penyakit kelinci dan cara pencegahannya yang harus anda ketahui. Dan penyakit-penyakit tersebut tidak hanya menyerang kelinci pedaging, akan tetapi juga menyerang kelinci hias. Semoga informasi tentang penyakit kelinci dan cara pencegahannya ini bermanfaat bagi Anda yang sedang beternak kelinci.

Baca juga : Jenis Kelinci Di Indonesia Yang Menjadi Favorit Peternak

Tinggalkan Balasan