Beranda » 15 Tanaman Obat Dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Tahu

15 Tanaman Obat Dan Manfaatnya Yang Perlu Anda Tahu

15 tanaman obat dan manfaatnya

Saat ini biaya untuk melakukan pengobatan sangatlah mahal. Terlebih lagi, penyakit datang dengan tanpa prediksi. Sebagai salah satu solusinya adalah menggunakan obat tradisional yang tersedia di sekitar kita. Pada kesempatan kali ini Tani Millenial akan membahas 15 tanaman obat dan manfaatnya sebagai tambahan wawasan  untuk Anda sekalian.

Obat-obatan dari tanaman ini populer dengan nama obat tradisional, atau juga obat herbal. Obat ini dikenal memiliki efek samping yang lebih ringan dari pada obat-obatan kimia. Meskipun begitu, Anda juga harus berhati-hati untuk mengkonsumsinya, kadang penggunaan yang menyalahi aturan juga akan menyebabkan efek samping tertentu.

Anda bisa membaca artikel Alodokter ini untuk mengetahui cara terbaik dalam mengkonsumsi obat-obatan herbal yang sesuai dengan ketentuan medis. Hal tersebut sangat Anda perlukan agar tidak menyebabkan dampak yang negatif pada kemudian hari nanti.

Nah, berikut ini kami uraikan 15 tanaman obat dan manfaatnya, silahkan simak sampai selesai.

1. Tanaman Babadotan sebagai obat tumor rahim

Babadotan

Babadotan merupakan tanaman liar yang tumbuh secara liar di perkebunan maupun hutan. Tanaman ini biasanya hanya dianggap sebelah mata, sebagai pakan ternak atau hanya menjadi pupuk hijau. Namun ternyata tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat berbagai macam penyakit.

Bagian tanaman babadotan yang berkhasiat mulai dari akar, daun, dan batang muda. Anda dapat menggunakannya selagi masih segar maupun telah kering. Beberapa manfaatnya antara lain luka berdarah, bisul, eksim, pendarahan rahim, tumor rahim, malaria, dan influenza.

2. Lidah Buaya sebagai obat sakit kepala

"<yoastmark

Lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau dengan nama latin Aloe vera ini lebih kita kenal sebagai tanaman hias. Namun selain menjadi hiasan rumah, lidah buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai obat herbal. Bagian tanaman yang dapat Anda gunakan juga mulai dari akar,bunga dan daun.

Lidah buaya dapat Anda gunakan untuk penyakit sakit kepala, sembelit, kejang pada anak, kencing manis, peluruh haid, penyubur rambut, dan sebagainya. Untuk pemakaian penyakit dalam lebih baik Anda menggunakan obat yang telah jadi. Namun untuk pemakaian luar seperti obat koreng, bisul maupun terbakar Anda dapat langsung menggunakannya.

3. Lengkuas sebagai obat kolera

"<yoastmark

Lengkuas

Tanaman lengkuas merupakan tanaman yang memang di budidayakan sebagai tanaman obat. Tanaman ini menyerupai tanaman jahe, hanya batangnya lebih kuat dan lebih tinggi. Bagian tanaman yang dapat Anda gunakan adalah bagian rimpangnya.

Khasiat dari lengkuas ini adalah untuk obat demam, kolera, pembersih darah, atau mengobat kurap. Cara penggunaanya adalah dengan merebus rimpang lengkuas tersebut.

4. Sambiloto sebagai obat gatal-gatal

Sambiloto

Sambiloto

Tanaman sambiloto merupakan jenis rerumputan liar. Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tanaman ini belum banyak yang sengaja membudidayakannya. Bagian  tanaman yang dapat Anda gunakan adalah bagian daun.

Tanaman sambiloto bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit baik luar dan dalam. Beberapa penyakit luar antara lain gatal-gatal, kudis, dan kaki bengkak. Sedangkan untuk penyakit dalam antara lain kencing manis, radang usus buntu, dan tifus.

5. Serai wangi sebagai tanaman obat rematik

Sereh wangi

Sereh wangi

Sekilas, serai wangi memang tak ada bedanya dengan serai biasa yang menjadi bumbu dapur. Perbedaanya kedua tanaman tersebut adalah pada aroma daunnya. Serai wangi memiliki aroma daun yang lebih wangi atau harum.

Serai wangi merupakan tanaman rembah dan herba yang memiliki berbagai manfaat jika Anda konsumsi. Selain dapat kita gunakan sebagai penghanngat dan pengharum badan, serai wangi juga berkasiat untuk penyakit rematik.

6. Belimbing wuluh sebagai obat hipertensi

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh

Anda mungkin telah familer dengan buah belimbing, namun belimbing wuluh berbeda dengan belimbing berbentuk bintang yang Anda kenal. Buah belimbing wuluh berbentuk bulat lonjong dan bergerombol. Dari tamaman belimbing wuluh ini Anda dapat memanfaatkan buah, bunga dan daun tanaman belimbing wuluh.

Khasiat dari tanaman ini adalah untuk terapi penyakit hipertensi, batuk, sariawan, sakit perut, demam, kencing manis, dan sebagainya.

7. Tanaman Secang sebagai obat TBC

Kayu secang

Kayu secang

Jika Anda pernah mencicipi minuman wedang uwuh, maka Anda telah merasakan salah satu olahan tanaman secang ini. Kayu secang menjadi salah satu minuman kuliner yang terkenal itu.Selain itu, batang kayu secang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kayu secang dapat menjadi obat tradisional, khusunya penyakit dalam. Beberapa jenis penyakit tersebut antara lain diare, batuk TBC, radang selaput lendir mata, atau batuk darah. Kayu secang juga dapat Anda gunakan untuk terapi diare atau mencret.

8. Tanaman Pepaya sebagai obat masuk angin

Pepaya

Pepaya

Anda tentu tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Budidaya pepaya telah populer di berbagai tempat di Indonesia. Selain buahnya yang disukai banyak orang, pepaya juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Bagian tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat adalah daun pepaya. Khasiat daun pepaya tersebut antara lain untuk penyakit batuk, demam dan mulas, haid, dan malaria.

9. Tanaman cengkeh sebagai obat sakit gigi

Cengkeh

Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang terkenal di dunia semenjak zaman dahulu. Saat ini cengkeh menjadi salah satu bahan untuk produksi rokok kretek. Akan tetapi cengkeh juga menjadi bahan obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

Bagian tanaman cengkeh yang menjadi obat herbal adalah kuncup bunga dan daun. Beberapa penyakit yang dapat menggunakannya antara lain sakit gigi, kolera, campak dan untuk menghitamkan alis mata.

10. Tanaman Pegagan sebagai obat penenang

Pegagan

Pegagan

Di beberapa wilayah, saat ini pegagan telah menjadi produk makanan ringan (peyek). Di Jawa banyan yang memberi nama regedek, tanaman liar yang tumbuh merambat di perkebunan atau ladang. Tanaman ini memang telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat herbal.

Bagian tanaman yang dapat Anda gunakan adalah bagian daun. Sedangkan untuk penyakitnya antara lain infeksi batu saluran kencing, susah kencing, bisul, wasir, batuk kencing dan darah tinggi.

11. Kayu manis sebagai obat rematik dan sakit perut

"<yoastmark

Tanaman Kayu Manis

Kayu manis banyak menjadi bahan bumbu dapur. Tanaman ini juga merupakan bagian dari rempah herba. Bagian tanaman yang dapat menjadi obat adalah kulit, kayu, dan daun.

Kayu manis juga menjadi bahan minuman tradisional seperti wedang uwuh. Sebagai obat herbal, tanaman ini memiliki manfaat untuk penyakit mencret, rematik dan sakit perut.

12. Temulawak sebagai obat penambah nafsu makan

"<yoastmark

Tanaman temulawak

Temulawak berbentuk hampir mirip seperti kunyit, baik tanamannya maupun bentuk rimpangnya. Hanya saja bentuk tanaman dan rimpang temulawak jauh lebih besar daripada kunyit. Aromanya juga jauh berbeda dengan kunyit.

Tanaman ini telah banyak diproduksi menjadi obat herbal. Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Manfaat utama dari obat herbal temulawak adalah untuk penambah nafsu makan. Selain itu dapat sebagai pencahar dan peluruh ASI.

13. Kembang sepatu sebagai obat batuk

Kembang sepatu

Kembang sepatu

Di Jawa banyak yang memberinya nama wora-wari. Tanaman ini memiliki bunga yang cukup cantik, oleh karena itu juga sering menjadi tanaman hias. Di Jawa lebih banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak dari pada obat herbal. Namun begitu tanaman ini memiliki khasiat untuk berbagai penyakit.

Bagian tanaman yang dapat menjadi obat adalah akar,daun dan bunga. Sedangkan penyakit yang dapat diatasi antara lain batuk, vebrifuga, emmolliensia, bisul, dan abses.

14. Alang-alang sebagai obat demam

"<yoastmark

Alang-alang

Rumput alang-alang merupakan tanaman liar yang hidup di berbagai tempat di ladang maupun kebun. Tanaman ini biasanya menjadi rumput pakan ternak, khususnya sapi. Akan tetapi tanaman ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagian tanaman yang dapat Anda gunakan adalah bagian rimpang. Sedangkan penyakit yang dapat diatasi antara lain demam, infeksi saluran kemih, kencing darah, mimisan, dan muntah.

15. Kumis kucing sebagai obat batu ginjal

"<yoastmark

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing juga merupakan salah satu jenis tanaman hias. Bentuk bunganya cukup unik dengan adanya bagian yang menyerupai kumis kucing yang kemudian menjadi namannya. Namun selain menjadi tanaman hias, kumis kucing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Anda dapat menggunakan bagian daun tanaman kumis kucing ini untuk mengobati beberapa penyakit. Penyakit tersebut antara lain batu ginjal dan peluruh air seni.

Itulah 15 tanaman obat dan manfaatnya untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga sebagai bahan obat herbal atau obat tradisional. Selain itu tentu masih banyak tanaman lain yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Sebab, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tanaman obat. Semoga artikel 15 tanaman obat dan manfaatnya ini memberikan tambahan wawasan bagi pembaca sekalian.

Referensi artikel : Tanaman Obat, warisan tradisi nusantara untuk kesejahteraan rakyat (Badan Penellitian dan Pengembangan pertanian)

Tinggalkan Balasan