Beranda » 10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

manfaat bawang merah

Bawang merah merupakan tanaman rempah yang berasal dari Iran dan Pakistan yang kemudian menyebar ke negara sub tropis dan tropis. Mungkin Anda biasanya menemukan bawang merah sebagai bumbu penyedap masakan di dapur. Akan tetapi, manfaat bawang merah ternyata tidak hanya sebagai bumbu masak saja. Ada sederet manfaat penting lainnya berkat berbagai kandungan senyawa yang terdapat dalam bawang merah.

Beberapa kandungan senyawa penting bawang merah antara lain kalori, karbohidrat, lemak, protein, dan serat makanan. Selain itu bawang merah juga mengandung berbagai vitamin yang sangat bermanfaat. Kandungan vitamin itu antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C. Bawang merah juga memiliki kadungan mineral, yang antara lain belerang, besi, klor, fosfor, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Merah Dari Biji Sampai Panen

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Meski kita lebih mengenal penggunaan bawang merah untuk bumbu dapur, akan tetapi komoditi ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Bawang merah telah semenjak lama menjadi obat herbal. Itu karena bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Kemudian beberapa manfaatnya untuk kesehatan antara lain :

  1. Mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol. Bawang merah memiliki manfaat ini karena memiliki zat kuersetin. Zat tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu mampu mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.
  2. Membunuh sebagian besar mikroba staphylococci. Mikroba ini merupakan salah satu penyebab penyakit radang pada torak dan kerongkongan.
  3. Dapat membunuh mikroba diphtreria, amoeba disentri, dan mikroba TBC dalam waktu singkat.
  4. Mencegah kanker. Itu karena bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker.
  5. Dapat mengaktifkan gerakan lambung.
  6. Air dari perasan bawang merah dapat Anda gunakan sebagai penghilang rasa sakit pada bagian tubuh yang terluka.
  7. Mengatasi sembelit. Itu karena kandungan serat yang ada dalam bawang merah. Dan fungsi kandungan serat tersebut dapat membantu toksin maupun zat makanan yang sulit dicerna dan dikeluarkan usus.
  8. Mengurangi resiko diabetes. Hal itu karena dengan mengkonsumsi bawang merah mentah akan meningkatkan produksi insulin.
  9. Mengencerkan dahak. Kandungan saponin dalam bawang merah efektif untuk mengencerkan dahak.
  10. Menurunkan tingkat gula darah dalam darah.

Itulah sedikit manfaat bawang merah yang sering Anda temukan di dapur Anda. Selain itu masih banyak manfaat lain karena kandungannya yang begitu kaya.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Padi Yang Menarik Dan Jarang Diketahui

Sumber gambar : theproducemoms.com

Tinggalkan Balasan