Beranda » 10 Fakta Tentang Padi Yang Menarik Dan Jarang Diketahui

10 Fakta Tentang Padi Yang Menarik Dan Jarang Diketahui

fakta tentang padi

Setiap hari pasti kita merasakan olahan padi ini. Terlebih lagi sebagai orang Indonesia pada umumnya tidak begitu tahan ketika tidak mengkonsumsi nasi. Meskipun sudah makan masih saja merasa ada yang kurang. Hal itu merupakan fakta yang kita alami sehari-hari. Selain itu, ada sederet fakta tentang padi ini yang sangat menarik.

Oryza Sativa merupakan nama latin dari tanaman ini. Dan konon tanaman ini berasal dari tanaman liar dengan nama latin Oryza Rufipogon. Tanaman ini hidup 10.000-14.000 tahun yang lalu. Kemudian ada fakta menarik apa lagi tentang padi ini? Berikut ini Tani Millenial akan membeberkan 10 fakta tentang padi yang menarik untuk kita ketahui. Silahkan menyimak ulasan berikut ini:

1. Padi merupakan bahan bahan makanan tertua di dunia.

Bukti arkeologi telah menemukan bukti berupa peninggalan perlengkapan pertanian dan beras di lembah sungai Yangtze, Tiongkok. Bukti arkeolog tersebut berusia 8.000 tahun. Dengan adanya bukti tersebut, para arkeolog meyakini jika beras yang kita konsumsi sehari-hari ini berasal dari Tiongkok (baca: sejarah padi).

2. Satu benih padi akan menghasilkan lebih dari 3000 butir.

Satu benih yang menjadi benih kemudian menjadi tanaman, akan memiliki banyak anakan. Kemudian setiap anakan akan juga akan memproduksi buah padi kembali. Salah satu fakta yang menarik, dengan satu biji padi akan menghasilkan 3000 butir padi.

3. Beras memiliki mineral dan antioksidan yang menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

Beras memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi daripada sumber pangan pokok lainnya. Selain itu beras juga menjadi sumber berbagai vitamin yang tidak terdapat pada jagung maupun gandum. Dan menariknya beras ini juga mengandung mineral dan antioksidan untuk menjaga kondisi kulit kita.

4. Tembok besar China dibangun dengan beras.

Tembok China merupakan salah satu bangunan paling istimewa di muka bumi. Dan siapa yang menyangka jika salah satu bahan dalam pembangunan ini berasal dari beras ketan. Dinasti Ming(1368-1644) menggunakan beras ketan sebagai penguat tembok yang ia bangun.

5. China menjadi produsen dan konsumen beras terbesar di dunia.

Penduduk China saat ini lebih dari 1,4 milyar jiwa. Sedangkan hasil panen padi mereka lebih dari 200 juta ton tiap tahun, hasil ini merupakan hasil tertinggi di dunia. Namun dengan jumlah penduduk yang sebanyak itu, mereka juga mengkonsumsi beras paling banyak.

6. Padi ditanam di semua benua, kecuali antartika

Meski asal mulanya dari benua Asia, namun saat ini tanaman padi ada di setiap benua. Meski karena perbedaan iklim hasil panen dan cara budidayanya berbeda. Kemudian hanya di benua Antartika saja yang saat ini belum ada tanaman padi.

7. Jika disimpan dengan benar, beras akan tetap bisa dikonsumsi 10 hingga 30 tahun.

 

Penyimpanan beras ternyata memiliki rahasia tersendiri agar tahan selama bertahun-tahun. Kondisi suhu sangat mempengaruhi keawetan beras ini. Dengan menyimpan beras pada suhu 21,1 derajat celcius maka beras akan bertahan selama 10 tahun. Sedangkan jika kita menyimpan dalam suhu 4,4 derajat celcius, beras tersebut akan bertahan hingga 30 tahun.

8. Ada lebih dari 40.000 varietas padi.

Setiap tempat memiliki kecocokan terhadap varietas padi tertentu. Bahkan di sebuah negara saja memiliki puluhan jenis varietas padi. Dan di seluruh dunia, terdapat lebih dari 40.000 varietas padi.

9. Padi menjadi makanan pokok dunia bersama dengan gandum dan jagung

Beras yang dihasilkan oleh tanaman padi tersebut, saat ini dikonsumsi oleh setengah penduduk dunia. Di berbagai negara, penduduknya menjadikan beras sebagai bahan makanan pokok yang utama. Selain beras, jagung dan gandum menjadi bahan makanan pokok lain.

10. Amerika Serikat mengkonsumsi beras paling sedikit di dunia.

Meski menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, namun Amerika serikat hanya mengkonsumsi sekitar 4,22 juta ton beras per tahun. Jumlah itu menjadi paling kecil di dunia dan terpaut jauh dari konsumen utama China.

Itulah 10 fakta tentang padi yang menjadi bahan pokok makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Semoga artikel ini memberikan tambahan wawasan kepada para pembaca sekalian, Salam Tani.

Baca juga: 6 Negara Penghasil Beras Terbanyak Dunia

Tinggalkan Balasan